Media : Medium = Perantara
Media komunikasi : perantara penyampai pesan/informasi
Media pembelajaran : sarana komunikasi untuk menyampai-kan materi pembelajaran
Kontribusi media dalam proses pembelajaran
1. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
2.Pembelajaran dapat lebih menarik
3.Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
4.Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
5.Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
Kontribusi media dalam proses pembelajaran
1.Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
2.Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
3.Peran guru berubahan kearah yang positif
Peran media dalam pembelajaran
1.Membuat kongkrit konsep yang abstrak
2.Mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting
3.Memberikan pengganti pengalaman langsung
4.Mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati
5.Memberikan pengalaman segi pengamatan
6.Menyajikan perbedaan warna secara visual
7.Menyajikan informasi yang memerlukan gerak
Jenis-jenis media
1.Media Cetak
2.Media Radio/Audio
3.Media Televisi/Video
4.Komputer/Jaringan
Trend Pemanfaatan media
1.Integrasi
Dua atau lebih media dimanfaatkan secara terpadu untuk saling mengisi dan saling melengkapi
2.Konfergensi
Penggabungan berbagai tipe media – teks, foto, grafik, suara, video, dan animasi – kedalam satu
buah media tertentu
3.Interaktif
Adanya komunikasi dua arah antara media dengan pengguna dalam bentuk stimulus dan response
MULTIMEDIA INTERAKTIF
Model pembelajaran multimedia interaktif (MMI) diartikan sebagai suatu model pembelajaran yang dapat
digunakan untuk menyalurkan pesan (message), merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa
sehingga dapat mendorong proses belajar (Muhammad ; Setiawan dalam Samsudin, 2008).
•Teks
•Gambar
•Grafik
•Animasi
•Audio Video (audio visual
Manfaat Multimedia Interaktif
•Meningkatkan motivasi belajar siswa
•Meningkatkan hasil belajar siswa
•Mereduksi miskonsepsi siswa
•Mengembangkan kompetensi guru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar