Menurut Romli (2009: 7) reportasi
adalah kegiatan jurnalistik berupa meliput langsung ke lapangan, ke “TKP”
(tempat kejadian perkara). Peristiwa yang diliput harus benilai jurnalistik
atau bernilai berita (news values),
yakni aktual, faktual, penting, dan menarik. Peristiwanya secara garis besar
terbagi dua:
1)
Peristiwa yang diduga terjadi atau direncanakan
terjadi, misalnya peristiwa perayaan hari ulang tahun, peresmian gedung,
deklarasi partai, seminar, dll.
2)
Peristiwa yang tidak terduga kejadiannya, misalnya
kebakaran, kriminalitas, kecelakaan lalu lintas.
Menurut Sadiman
(2009: 29) diantara media pendidikan, gambar atau foto adalah media yang paling
umum dipakai. Dia merupakan bahasa yang umum, yang dapat dimengerti dan
dinikmati dimana-mana. Oleh karena itu, pepatah Cina yang mengatakan bahwa
sebuah gambar berbicara lebih banyak dari pada seribu kata.
1)
Kelebihan
media gambar atau foto :
a)
Sifatnya
konkret; foto lebih realistis menunjukkan pokok masalah dibandingkan dengan
media verbal semata.
b)
Dapat
mengatasi batasan ruang dan waktu. Tidak semua benda, objek atau peristiwa
dapat dibawa dikelas, dan tidak selalu bisa anak-anak dibawa ke objek/peristiwa
tersebut. Gambar atau foto dapat mengatasi hal tersebut. Air terjun Niagara
atau Danau Toba dapat disajikan ke dalam kelas lewat gambar atau foto.
Peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau, kemarin, atau bahkan semenit
yang lalu kadang-kadang tak dapat kita lihat seperti adanya. Gambar atau foto
amat bermanfaat dalam hal ini.
c)
Foto dapat
mengatasi keterbatasan pengamatan. Sel atau penampang, daun yang tak mungkin
kita lihat dengan mata telanjang dapat disajikan dengan jelas dalam bentuk
gambar atau foto.
d) Foto dapat memperjelas suatu masalah, dalam hal
apa saja dan untuk tingkat usia berapa saja, sehingga dapat mencegah atau
membetulkan kesalahpahaman.
e)
Foto
harganya murah dan gampang didapat serta digunakan, tanpa memerlukan peralatan
khusus.
2)
Kelemahan
media gambar atau foto:
a)
Gambar
atau foto hanya menekankan persepsi indera mata.
b)
Gambar
atau foto benda yang terlalu kompleks
kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.
c)
Ukurannya
sangat terbatas untuk kelompok besar.
Selain itu, ada
enam syarat yang perlu dipenuhi oleh gambar atau foto yang baik sehingga dapat
dijadikan sebagai media pendidikan, yaitu :
1)
Autentik.
Gambar tersebut harus
secara jujur melukiskan situasi seperti kalau orang melihat benda sebenarnya.
2)
Sederhana.
Komposisi gambar
hendaknya cukup jelas menunjukan poin-poin pokok dalam gambar.
3)
Ukuran
relatif.
Gambar atau foto dapat
memperbesarkan dan mengecilkan objek atau benda sebenarnya. Apabila gambar atau
foto tersebut tentang benda atau objek yang belum dikenal atau pernah dilihat
anak makan sulitlah membayangkan berapa besar benda atau objek tersebut. Untuk menghindari itu
hendaknyadalam foto tersebut terdepat sesuatu yang telah dikenal anak-anak
sehingga dapat membatunya membayangkan gambar.
4)
Gambar
atau foto sebaiknya mengandung gerak atau perbuatan gambar yang baik tidaklah
menunjukan objek dalam keadaan dian tetapi memperlihatkan aktivitas tertentu.
5)
Gambar
yang bagus belum tentu baik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Walaupun dari
segi mutu kosong, gambar atau foto karya siswa sendiri sering kali lebih baik.
6)
Tidak
setiap gambar yang bagus merupakan media yang bagus sebagai media yang baik,
gambar hendaklah bagus dari sudut seni dan sesuai dengan tujuan pembelajaran
yang ingin dicapai.
Menurut Djahiri
(1985: 64) ada beberapa langkah dalam melakukan VCT tipe Value Analysis dengan reportasi foto:
1)
Pasang gambar/
foto di papan tulis atau edarkan gambar/ foto tersebut untuk beberapa saat
(biarkan anak bergerombol dan berkomentar).
1)
Identifikasi
liputan siswa, jangan dahulu dikomentari guru dan jangan diminta alasan temuan.
2)
Klarifikasi
masalah: ungkapan terperinci dan argumentasi. (guru merumuskan kejelasan
jawaban/ tanggapan siswa sambil mengarahkan ke konsep atau materipelajaran).
3)
Penyimpulan
oleh siswa dan pelurusan menuju konsep/ materi pelajaran nilai.
4)
Tindak
lanjut kegiatan belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar