Liana Arum Purwitasari

tanpa tanda jasa
SELAMAT DATANG DI BLOG LIANA ARUM PURWITASARI

Minggu, 29 April 2012

ALAT PERAGA HUBUNGAN SATUAN VOLUME


Pembuatan Alat Peraga
A . Bahan
1.      Fiber
2.      Isolasi transparan
3.      Amplas
4.      Sterofoam tebal 1 cm
5.      Kertas HVS yang sudah digambar dengan pola seperti papan catur dengan warna merah dan kuning ukuran tiap blok kotaknya adalah 1cm.
6.      Lem kertas

B . Alat Kerja
1.      Penggaris besi
2.      Pensil
3.      Gunting
4.      Cutter
5.      Pemotong sterofoam

C . Langkah Pembuatan
1.      Buatlah model kubus satuan dari sterofoam dengan ukuran 1cm x 1cm x 1cm sebanyak 10cm.
2.      Masing-masing model kubus satuan (pada nomer 1) dilapisi kertas hvs yang sudah dibuat pola dan digunting, 5 buah dengan warna kuning, dan 5 buah warna merah.
3.      Buatlah model balok satuan dari sterofoam dengan ukuran 10cm x 1cm x 1cm sebanyak 9 buah, kemudian dibungkus dengan menggunakan kertas yang sudah dibuat pola sesuai dengan gambar.
4.      Buatlah model kubus satuan dari sterofoam dengan ukuran 10cm x 10cm x 1cm sebanyak 9 buah, kemudian dibungkus juga dengan kertas HVS yang sudah dibuat pola sesuai dengan gambar.
5.      Buatlah model kubus dari Fiber dengan ukuran 1dm x 1dm x 1dm

D . Pengepakkan
  Masukkan hasil pada langkah 1 sampai 4 ke dalam model kubus dari Fiber dan berilah nama alat peraga tersebut “ALAT PERAGA HUBUNGAN SATUAN VOLUME (1dm3 = 1.000 cm3)”

III. Penggunaan Alat Peraga
  1. Indikator dan Kelas
No.
Indikator
Kelas
1.
Peserta didik dapat memahami satuan volume dan hubungannya
5

  1. Prasayarat yang Harus Dimiliki Peserta Didik
Memahami satuan panjang, satuan luas, luas daerah persegi dan kubus.

  1. Langkah-langkah Penggunaan
1.      Acungkan model kubus dari sterofoam seperti pada gambar (i), katakan pada peserta didik bahwa kubus ini panjang rusuknya 1cm, kemudian tanyakan pada peserta didik, “berapa volume kubus ini?” (1cm3).
2.      Acungkan model kubus tanpa tutup dari fiberglass seperti pada gambar (ii), katakan pada peserta didik bahwa kubus ini panjang rusuknya 1 dm, kemudian tanyakan pada peserta didik, “Berapa volume kubus ini?”. (1dm3)
3.      Masukkan masing-masing kubus yang panjang rusuknya 1cm ke dalam kubus tanpa tutup seperti model kubus pada gambar (iii), kemudian acungkan. Tanyakan pada peserta didik pada model kubus 1 dm3 ini memuat berapa model kubusdengan volume 1cm3? (untuk menghitungnya mari kita amati bersama-sama).

            Tanyakan pada peserta didik:
            “Lapisan pertama ada berapa kubus satuan?” (10 x 10 = 100).
            “Ada berapa lapis?” (sepuluh).
            “Dengan demikian semua ada berapa kubus satuan?” (1000)

Simpulan  1 dm3 = 1000 cm3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar