Liana Arum Purwitasari

tanpa tanda jasa
SELAMAT DATANG DI BLOG LIANA ARUM PURWITASARI

Minggu, 29 April 2012

ALAT PERAGA LUAS DAERAH TRAPESIUM DENGAN PEDEKATAN LUAS DAERAH segitiga


A.    Pembuatan Alat Peraga
1.      Alat, Bahan, dan Kelengkapan
a.       Sterefom
b.      Kertas kardus bekas
c.       Kertas marmer
d.      Gunting
e.       Cutter
f.       Lem
g.      Penggaris
h.      Pensil
i.        Paku push pin.
2.      Langkah-langkah pembuatan
a.       Buatlah dengan penggaris besi dan cutter dua buah model daerah trapesium yang kongruen.
b.      Potonglah model daerah trapesium, menurut diagonalnya menjadi dua daerah segitiga.
c.       Masing-masing model daerah tersebut ditempel kertas marmer.
d.      Letakkan model daerah trapesium tersebut pada sterofoam menggunakan paku push-pin
3.      Pengepakkan
Pengepakkan alat peraga ini dapat dimasukkan kedalam plastik besar, dengan menyertakan identitas alat peraga. Identitas yang disertakan yaitu nama alat peraga, dan kode alat peraga kemudian ditempelkan pada plastik tersebut.
B.     Penggunaan Alat Peraga
1.      Penerapan alat peraga di sekolah dasar
No
Kelas
Indikator
1
5
Peserta didik dapat menememukan rumus luas daerah trapesium dengan pendekatan luas daerah segitiga

2.      Prasyarat yang harus dimiliki peserta didik
a.       Memahami konsep luas daerah segitiga
3.      Langkah-langkah penggunaan
1.       Letakkan pada papan gabus model daerah trapesium (i) dan (ii) seperti gambar diatas.
2.      Dengan cara menghimpit model trapesium (i) dan (ii)., ditunjukkan bahwa kedua bangun tersebut kongruen, kemudian tanyakan kepada Peserta didik, “Apakah luas daerahnya sama ?(sama)
3.      Sambil menunjuk pada bangun (i) bahwa trapesium ini panjang sisi-sisi sejajarnyta berturut-turut b dan tingginya t, kemudian sambil menunjukkan bangun (ii), tanyakan kepada peserta didik “ Berapakah panjang sisi ini ?( Sisi sejajar yang atas) (a) “ berapakah tinggi? (t).
4.      Ubahlah bangun pada (ii) menjadi model daerah segitiga, segitiga pertama segitiga lancip dan segitiga kedua segitiga tumpul. Perhatian segitiga lancip, kemudian tanyakan kepada peserta didik, “ jika alasnya b berapakah tingginya?”(t), “Berapakh luas daerah tinggi segitiga ini (lancip)?”(ya), “jadi berapakah tingginya?(t).” berapakah luas daerahnya?(1/2 at)
5.       Selanjunya peserta didik untuk melanjutkan menemukan rumus luas daerah trapesium dengan cara sbb:
      Luas daerah trapesium = Luas daerah segitiga lancip + ….
      Luas daerah trapesium = ….+….
      Luas daerah trapesium = ….+ ….
Simpulan
Jika trapesium dengan panjang sisi-sisi sejajarnya a dan b, tingginya t dan luas daerahnya L maka L = 1/2. ½ x (a + b) x t





Tidak ada komentar:

Posting Komentar