A.
Pengertian
Media Pembelajaran dan Tabung
Media
berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara
harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar
sumber pesan dengan penerima pesan. Dalam Proses belajar mengajar di
kelas, Media berarti sebagai sarana yang berfungsi menyalurkan pengetahuan dari
guru kepada peserta didik.
Dari
pengertian di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala
sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan
kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada
diri peserta didik.
B.
Pembuatan
Alat Peraga
1.
Bahan
a. Kertas
asturo berwarna tiga buah
b. Double
tape
c. Lem
kertas
2.
Alat
Kerja
a. Pensil
b. Penggaris
c. Cutter/pisau
d. Gunting
3.
Langkah-langkah
Pembuatan
a.
Prisma
Segi Lima
·
Buat pola jaring-jaring prisma segi lima
pada kertas asturo. Tinggi 20 cm, sedangkan lebar 5 cm.
·
Potong pola-pola tersebut dengan
menggunakan cutter atau gunting.
·
Bentuk jaring- jaring tersebut menjadi prisma
segi lima dengan double tape.
b.
Prisma
Segi Enam
·
Buat pola jaring-jaring prisma segi enam
pada kertas asturo. Tinggi 20 cm, sedangkan lebar 5 cm.
·
Potong pola-pola tersebut dengan
menggunakan cutter atau gunting.
·
Bentuk jaring-jaring tersebut menjadi
prisma segi enam dengan menggunakan double tape
c.
Tabung
· Buat
pola jaring-jaring prisma segi enam pada kertas asturo. Tinggi 16 cm, sedangkan
lebar 10 cm.
· Potong
pola-pola tersebut dengan menggunakan cutter atau gunting
·
Bentuk jaring-jaring tersebut menjadi tabung
dengan menggunakan double tape.
1.
Prasyarat
yang Harus Dimiliki Peserta Didik
b. Mengenal volume prisma segienam
2.
Langkah-langkah
Penggunaan
a. Gunakan
model bangun prisma segilima beraturan seperti pada Gb. 24, 1 (i) untuk
mengingat kembali tentang rumus volumenya. Tanyakan pada peserta didik :
·
“Berbentuk apakah bangun ini?” (prisam
segilima beraturan).
·
“Bagaimanakah rumus volumenya?” (luas
alsa kali tinggi).
b. Tunjukan
model prisma segienam beraturan seperti Gb. 24. 1(ii), ajukan pertanyaan pada
peserta didik:
·
“Bagaimanakah rumus volumenya?” (luas alas kali tinggi).
·
“Alasnya berbentuk apa?” (daerah
segisepuluh beraturan).
·
“Bagaimanakah rumus volumenya?” (luas
alas kali tinggi).
·
“Bagaimanakah untuk rumus volume prisma
segi seratus beraturan?” (luas alas kali tinggi).
· “Perhatikan
bangun ini berbentuk apakah bangun ini?” (tabung)
· “Dapatlah
bangun ini dipandang sebagai prisma beraturan segi-n dengan n
banyak sekali?” (dapat)
· “Dengan
demikian bagaimanakah rumus volume bangun ini?” (luas alas kali tinggi)
· “Berbentuk
apakah alas tabung?” (daerah lingkaran)
· “Jika
jari-jarinya r berapa luasanya?” (πr2)
· Selanjutnya
tulislah rumus volume tabung dengan jari-jari alas = r dan tingginya t.
1.
Rumus
Jika
sebuah tabung jari-jari alasnya r dan tingginya t dan volumenya v maka
rumusnya:
·
“Berbentuk apakah bangun ini?” (prisma
segienam beraturan).
V
= πr2t
C.
Penggunaan
Alat Peraga
1.
Indikator
dan Kelas
No
|
Indikator
|
Kelas
|
1.
|
Peserta didik dapat menemukan rumus volume tabung
|
5
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar