Liana Arum Purwitasari

tanpa tanda jasa
SELAMAT DATANG DI BLOG LIANA ARUM PURWITASARI

Minggu, 29 April 2012

ALAT PERAGA LUAS DAERAH LAYANG-LAYANG DENGAN PENDEKATAN LUAS DAERAH SEGITIGA


Bahan :
Kertas manila
Papan gabus (sterofom)
Lem kertas
Kertas emas  
Alat kerja : 
Pensil 
Penggaris 
Gunting/cutter/pisau  
   
Kelengkapan : 
Papan gabus (sterofom) disesuaikan dengan alat peraga 
Tempat penyimpan berupa file case/ Amplop bertali atau sejenisnya. 
Paku push-pin  
  
Langkah-langkah dalam pembuatan media 
Buatlah dengan penggaris dan cutter dua buah model daerah jajargenjang  yang kongruen dengan
menggunakan kertas buffalo. 
Potonglah model daerah jajargenjang menurut diagonalnya menjadi dua model daerah segitiga. 
Masing-masing model daerah tersebut di kasih karton
 
Langkah-langkah penggunaan alat peraga 
Letakan pada papan gabus model daerah laying-layang (i) dan (ii) 
Dengan cara menhimpitkan model laying-layang (i) dan (ii), ditunjukan bahwa kedua bangun
tersebut kongruen, kemudian tanyakan kepada peserta didik, “apakah luas daerahnya sama?” (sama) 
Sambil menunjuk kepada bangun (i) bahwa layang-layang ini panjang diagonal datarnya p, dan
panjang diagonal tegaknya q, kemudian sambil menunjuk bangun (ii), tanyakan kepada peserta
didik, “Berapakah panjang diagonal datarnya?” (p), “Berapakah panjang diagonal tegaknya?” (q) 
Ubahlah bagun (ii) menjadi dua model segitiga, kemudian tanyakan kepada peserta didik, “Bangun 
laying-layang ini terbagi menjadi berapa segitiga?” (dua), “apakah kedua daerah segitiga tersebut
luas daerahnya sama?” (salah satu peserta didik untuk menghimpitkan, kemudian menjawab ya) 
Peserta diminta untuk mengamati salah satu model segitiga, kemudian guru bertanya, “Berapakah
alasnya?” (p) “Berapakah tingginya?” (½q), “Berapakah luasnya?” (½ x p x ½q), “Dengan demikian
luas daerah layang-layang berapa kali luas daerah segitiga?” (dua)
 
Luas daerah layang-layang = 2 X luas daerah
Luas daerah layang-layang = 2 X … X … X …
Luas daerah layang-layang = …
 

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar