Liana Arum Purwitasari

tanpa tanda jasa
SELAMAT DATANG DI BLOG LIANA ARUM PURWITASARI

Minggu, 29 April 2012

LUAS DAERAH JAJARGENJANG DENGAN PENDEKATAN LUAS DAERAH PERSEGI PANJANG


A.    Pengertian, Tujuan dan Manfaat Media atau Alat peraga
Alat peraga pendidikan adalah merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa.
Berikut ini beberapa tujuan dan manfaat alat peraga disebutkan sebagai berikut:
  1. Alat peraga pendidikan  bertujuan agar proses pendidikan lebih efektif dengan jalan meningkatkan semangat belajar siswa,
  2. Alat peraga pendidikan  memungkinkan lebih sesuai dengan perorangan, dimana para siswa belajar dengan banyak kemungkinan sehingga belajar berlangsung sangat menyenangkan bagi masing-masing individu,
  3. Alat peraga pendidikan memiliki manfaat agar belajar lebih cepat segera bersesuaian antara kelas dan diluar kelas,
  4. Alat peraga memungkinkan mengajar lebih sistematis dan teratur.
Secara ringkas, Proses pembelajaran memerlukan media yang penggunaannya diintegrasikan dengan tujuan dan isi atau materi pelajaran yang dimaksudkan untuk mengoptimalkan pencapaian suatu tujuan pengajaran yang telah ditetapkan. Fungsi media pendidikan atau alat peraga pendidikan dimaksudkan agar komunikasi antara guru dan siswa dalam hal penyampaian pesan, siswa lebih memahami dan mengerti tentang konsep abstrak matematika yang diinformasikan kepadanya. Siswa yang diajar lebih mudah memahami materi pelajaran jika ditunjang dengan alat peraga pendidikan.
B.     Model Alat Peraga
C.    Pembuatan Alat Peraga Luas Daerah Jajargenjang dengan Luas Daerah Persegi Panjang
1.      Alat
Ø  Pensil
Ø  Penggaris
Ø  Gunting
Ø  Cutter
2.      Bahan
Ø  Kertas Karton
Ø  Kertas Marmer
Ø  Lem Kertas
Ø  Double tape
3.      Kelengkapan
Ø  Sterofoam ukuran 100 cm x 60 cm
Ø  File Case untuk menyimpan
Ø  Paku Push Pin
4.      Langkah-langkah Pembuatan
Ø  Buat dengan penggaris dan cutter 2 buah model daerah jajar genjang yang kongruen dengan menggunakan kertas karton.
Ø  Buat model daerah jajar genjang pada kertas berwarna dengan ukuran yang sama dengan daerah jajar genjang pada kertas karton.
Ø  Tempelkan dengan menggunakan double tape model daerah jajar genjang karton dengan model daerah jajar genjang kertas warna
Ø  Potonglah satu model daerah jajar genjang menjadi tiga model daerah menurut warnanya

5.      Pengepakkan
Ø  Untuk keperluan pengepakkan dan pemeliharaan, buat halaman cover yang memuat nama alat peraga “ALAT PERAGA LUAS DAERAH JAJARGENJANG DENGAN PENDEKATAN LUAS DAERAH PERSEGI PANJANG” kemudian tempelkan pada file case. Masukan alat peraga beserta paku push pin ke dalam file case.

D.  Penggunaan Alat Peraga
1.      Indikator dan Kelas
No.
Indikator
Kelas
1.
Peseta didik dapat menemukan rumus luas daerah jajargenjang dengan pendekatan luas daerah persegi panjang.
6

2.      Prasayarat yang harus dimiliki
a.       Memahami konsep luas daerah persegi panjang
b.      Memahami jajar genjang beserta unsure-unsurnya (pengertian jajargenjang, alas, dan tingginya)



3.      Langkah-Langkah Penggunaan
  1. Letakkan pada papan gabus model daerah jajargenjang (i) dan (ii)
  2. Dengan cara menghimpitkan model jajargenjang (i) dan (ii), tunjukkan bahwa kedua bangun tersebut kongruen, kemudian tanyakan pada siswa “Apakah luas daerahnya sama?” (sama)
  3. Sambil menunjuk pada bangun (i) bahwa jajargenjang ini panjang alasnya a, tingginya t, kemudian sambil menunjuk bangun (ii), tanyakan pada siswa “Berapakah alasnya?” (a), “Berapakah tinggnya?” (t).
  4. Ubahlah bangun (ii) menjadi bangun (iii), kemudian tanyakan kepada peserta didik “Bangun apakah yang terjadi?” (daerah persegi panjang), “Berapakah panjangnya?” (a), “Berapakah lebarnya?” (t) dan “Berapakah luas daerahnya?” (axt). Sambil menunjuk bangun (i) dan (ii) tanyakan kepada siswa “Apakah kedua bangun luas daerahnya sama?” (sama) sehingga
Luas Daerah jajargenjang = Luas daerah persegi panjang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar