Liana Arum Purwitasari

tanpa tanda jasa
SELAMAT DATANG DI BLOG LIANA ARUM PURWITASARI

Minggu, 29 April 2012

LUAS DAERAH LINGKARAN DENGAN PENDEKATAN LUAS DAERAH PERSEGI PANJANG


Pembuatan ALat Peraga
            a.Bahan
                        1. Kertas BC atau Buffalo
                        2. Lem kertas
            b. Alat Kerja
                        1. Pensil
                        2. Penggaris
                        3.Gunting/Cutter/Pisau
                        4. Jangka
                         5.Busur derajat

Kelengkapan
                        1. Papan Gabus(sterefoam)ukuran 120x60 cm
                        2. Tempat penyimpan berupa File case/Amplop bertali atau sejenisnya
                        3. Paku push-pin


Langkah-Langkah Pembuatan
                        1. Buat tiga moel lingkaran dari kertas buffalo warna berbeda(Biru,merah,dan ungu)dengan jari-jari 10cm.
                        2. Model lingkaran pertama tidak dipotong,model lingkaran kedua(warna biru)dipotong menjadi dua bagian masing-masing merupakan model ½ lingkaran dan salah satu diantaranya dipotong lagi menjadi 8 model yang kongruen.Lakukan dengan cara sama untuk model lingkaran ke tiga,potonglah salah satu model juring biru dibagi menjadi dua bagian dengan bentuk yang kongruen.
                        3. Susunlah dua model ½ lingkaran menjadi model lingkaran seperti Gb.15.1(ii) dan 17 model juring yang lain dibentuk menyerupai daerah persegi panjang seperti pada Gb.15.1(iii)


Pengepakan
                        Untuk keperluan pengepakan dan pemeliharaan,buatlah halaman cover,memuat nama alat peraga”ALAT PERAGA LUAS DAERAH LINGKARAN DENGAN PENDEKATAN LUAS DAERAH PERSEGI PANJANG”kemudian tempelkan pada tempat penyimpanan yang dapat memuat alat peraga tersebut.Masukan alat peraga dan paku push-pin ke dalam tempat penyimpanan tersebut.

Penggunaan alat peraga
A.    Indikator dan Kelas
No
Indikator
kelas
1.
Peserta didk dapat menemukan rumus luas daerah lingkaran dengan pendekatan luas daerah persegi panjang
6

B.     Prasyarat yang Harus dimiliki Perserta Didik
1.      Memahami konsep luas daerah persegi panjang
2.      Memahami keliling lingkaran dan panjang busur setengah keliling lingkaran
Langkah-Langkah Penggunaan
1. Letakan pada papan gabus model daerah lingkaran (i) dan (ii)seperti pada gambar Gb 15.2
            2. Dengan cara menghimpitkan,tunjukan bahwa kedua model lingkaran tersebut kongruen.sambil menunjuk pada bangun (i) bahwa model lingkaran ini panjang jari-jarinya r,kemudian tanyakan pada siswa “Apakah panjang jari-jariny sama?Apakah luasnya sama?”
            3. Katakan  kepada peserta didkik bahwa model lingkaran (ii)dapat diubah bentuknya menjadi bangun pada Gb 15.5(ii),tanyakan kepada peserta didik”Apakah luasnya sama?”(ya),beebentuk apakah bangun pada Gb.15.2(ii)?”(menyerupai daerah persegi panjang)”Berapakah paanjaangnya?”(Setengah keliling lingkaran atau)”Berapakah lebarnya?”Berapakah luasnya?”)
            4. Selanjutnya peserta didik untuk melanjutkan menemukan rumus luas daerah lingkaran dengan car sbb:
                        Luas daerah ingkaran = Luas daerah…
                        Luas daerah lingkaran =……             
1. Persegi Panjang
Persegi panjang adalah segi empat yang sisi-sisi berhadapannya sejajar dan sama panjang serta keempat sudutnya siku-siku. Persegi panjang merupakan benda simetris karena mempunyai garis lipatan yang dapat mempertemukan sisi-sisi luarnya dengan tepat. Adapun daerah persegi panjang adalah daerah yang dibatasi oleh persegi panjang. Daerah inilah yang mempunyai luas.

AB sejajar DC
Panjang AB = panjang DC = p AD sejajar
Panjang AD = panjang BC = l
a.       Luas persegi panjang = p × l  (Panjang x Lebar)

 
Sifat-sifat :
-       Memiliki empat titik sudut
-       Memiliki 2 pasang sisi sejajar dan sama panjang
-       Keempat sudutnya berupa sudut siku-siku
2. Lingkaran
Menemukan Luas Lingkaran
Dalam penguasaan materi luas lingkaran, siswa akan dikenalkan cara atau rumus dalam mencari luas sebuah lingkaran. Dalam mencari luas lingkaran ada berbagai unsure, misalnya phi, jari-jari dan diameter. Selain materi menghitung luas lingkaran siswa juga diajarkan menghitung keliling lingkran tersebut. Menghitung luas lingkaran penting bagi siswa, kerena lingkaran sangat akrab dengan kegiatan sehari-hari siswa. Lingkaran mudah dijumpai, seperti roda, dan bahkan bumi sendiri merupakan sebuah lingkaran.

Praktikkan dan lengkapilah rumusnya.
1. dua buah lingkaran yang berjari-jari r dari
kertas karton
2. Potonglah satu lingkaran itu menjadi 8 bagian
sama besar.
Susunlah potongan lingkaran tersebut secara menyamping.
Bangun yang terbentuk seperti persegi panjang .
luas lingkaran = luas persegi panjang = p × l = ½ K x r
K= phi = 22/7=3,14
a.       Lingkaran
Sifat-sifat :
Memiliki sisi yang tidak terhingga
§   Memiliki sudut 360o
§   Bangun ruang bola hanya memiliki sebuah sisi lengkung yang menutupi seluruh bagian ruangnya


2 komentar: