Pembuatan ALat Peraga
a.Bahan
1. Kertas BC atau
Buffalo
2.
Lem kertas
b. Alat Kerja
1. Pensil
2. Penggaris
3.Gunting/Cutter/Pisau
4. Jangka
5.Busur derajat
Kelengkapan
1. Papan
Gabus(sterefoam)ukuran 120x60 cm
2. Tempat penyimpan
berupa File case/Amplop bertali atau sejenisnya
3. Paku push-pin
Langkah-Langkah Pembuatan
1. Buat tiga moel
lingkaran dari kertas buffalo warna berbeda(Biru,merah,dan ungu)dengan
jari-jari 10cm.
2. Model lingkaran
pertama tidak dipotong,model lingkaran kedua(warna biru)dipotong menjadi dua
bagian masing-masing merupakan model ½ lingkaran dan salah satu diantaranya
dipotong lagi menjadi 8 model yang kongruen.Lakukan dengan cara sama untuk
model lingkaran ke tiga,potonglah salah satu model juring biru dibagi menjadi
dua bagian dengan bentuk yang kongruen.
3. Susunlah dua model ½
lingkaran menjadi model lingkaran seperti Gb.15.1(ii) dan 17 model juring yang
lain dibentuk menyerupai daerah persegi panjang seperti pada Gb.15.1(iii)
Pengepakan
Untuk keperluan
pengepakan dan pemeliharaan,buatlah halaman cover,memuat nama alat peraga”ALAT
PERAGA LUAS DAERAH LINGKARAN DENGAN PENDEKATAN LUAS DAERAH PERSEGI
PANJANG”kemudian tempelkan pada tempat penyimpanan yang dapat memuat alat
peraga tersebut.Masukan alat peraga dan paku push-pin ke dalam tempat penyimpanan
tersebut.
Penggunaan alat
peraga
No
|
Indikator
|
kelas
|
1.
|
Peserta
didk dapat menemukan rumus luas daerah lingkaran dengan pendekatan luas
daerah persegi panjang
|
6
|
B.
Prasyarat
yang Harus dimiliki Perserta Didik
1. Memahami konsep luas daerah
persegi panjang
2. Memahami keliling lingkaran
dan panjang busur setengah keliling lingkaran
Langkah-Langkah Penggunaan
1.
Letakan pada papan gabus model daerah lingkaran (i) dan (ii)seperti pada gambar
Gb 15.2
2. Dengan cara menghimpitkan,tunjukan
bahwa kedua model lingkaran tersebut kongruen.sambil menunjuk pada bangun (i)
bahwa model lingkaran ini panjang jari-jarinya r,kemudian tanyakan pada siswa “Apakah panjang jari-jariny
sama?Apakah luasnya sama?”
3. Katakan kepada peserta didkik bahwa model lingkaran
(ii)dapat diubah bentuknya menjadi bangun pada Gb 15.5(ii),tanyakan kepada
peserta didik”Apakah luasnya sama?”(ya),beebentuk apakah bangun pada
Gb.15.2(ii)?”(menyerupai daerah persegi panjang)”Berapakah
paanjaangnya?”(Setengah keliling lingkaran atau)”Berapakah lebarnya?”Berapakah luasnya?”)
4. Selanjutnya peserta didik untuk
melanjutkan menemukan rumus luas daerah lingkaran dengan car sbb:
Luas daerah ingkaran =
Luas daerah…
Luas daerah lingkaran =……
1. Persegi Panjang
Persegi
panjang adalah segi empat yang sisi-sisi berhadapannya sejajar dan sama panjang
serta keempat sudutnya siku-siku. Persegi panjang merupakan benda simetris karena
mempunyai garis lipatan yang dapat mempertemukan sisi-sisi luarnya dengan tepat.
Adapun daerah
persegi panjang adalah daerah yang dibatasi oleh persegi panjang. Daerah inilah
yang mempunyai luas.
AB sejajar DC
Panjang AB = panjang DC = p AD sejajar
Panjang AD = panjang BC = l
a.
Luas persegi panjang = p × l (Panjang x Lebar)
Sifat-sifat :
- Memiliki empat titik sudut
- Memiliki 2 pasang sisi sejajar dan sama panjang
- Keempat sudutnya berupa sudut siku-siku
2. Lingkaran
Menemukan Luas Lingkaran
Dalam penguasaan materi luas lingkaran, siswa akan dikenalkan cara atau rumus dalam mencari
luas sebuah lingkaran. Dalam mencari luas lingkaran ada berbagai unsure,
misalnya phi, jari-jari dan diameter. Selain materi menghitung luas lingkaran
siswa juga diajarkan menghitung keliling lingkran tersebut. Menghitung luas lingkaran
penting bagi siswa, kerena lingkaran sangat akrab dengan kegiatan sehari-hari
siswa. Lingkaran mudah dijumpai, seperti roda, dan bahkan bumi sendiri
merupakan sebuah lingkaran.
Praktikkan dan lengkapilah rumusnya.
1. dua buah lingkaran yang berjari-jari r dari
kertas karton
2. Potonglah satu lingkaran itu menjadi 8
bagian
sama besar.
Susunlah potongan lingkaran tersebut secara
menyamping.
Bangun yang terbentuk seperti persegi panjang .
luas lingkaran = luas persegi panjang = p × l = ½ K x r
K= phi = 22/7=3,14
a.
Lingkaran
Sifat-sifat :
Memiliki sisi yang tidak terhingga
§ Memiliki sudut 360o
§ Bangun
ruang bola hanya memiliki sebuah sisi lengkung yang menutupi seluruh bagian
ruangnya
terima kasih.. materinya...
BalasHapushttp://power-point7.blogspot.com/
sama-sama
Hapus