A.
Pembuatan Alat Peraga
Dalam pembelajaran
matematika mengenai volum prisma segi lima, bila guru hanga menuliskan rumusnya
saja, kemudian siswa disuruh untuk mengingat dan menghafalnya dan kemudian di
beri soal, maka pembelajaran mungkin akan sulit di terima oleh siswa, maka guru
perlu menggunakan media atau alat peraga untuk dapat menanamkan konsep agar
lebih jelas dan kongkrit. Berikut akan dijelaskan bagaimana membuat alat peraga
berupa bangun prisma segi lima secara sederhana.
1. Bahan-bahan
a. Fiber
b. Gardus
c. Kertas warna
d. Isolasi transparan lebar 1,2 cm secukupnya
2. Alat
Kerja
a. Pensil
b. Penggaris
c. Spidol warna hitam
d. Cutter/pisau
e. Setrika
3. Langkah-langkah
Pembuatan
a. Buat sepuluh model persegi panjang berukuran 5 cm
x 20 cm, lima buah model persegi panjang berukuran 5,8 cm x 20 cm, sepuluh
model segi tiga dengan ukuran 5 cm, 5 cm, 5,8 cm dari fiber.
b. Potong persegi panjang dan segi tiga tersebut
dengan menggunakan gunting.
c. Ratakan potongan persegi panjang tadi dengan
menggunakan setrika bertutupkan kertas BC.
d. Bentuk menjadi lima buah prisma segi tiga dengan
bantuan isolasi transparan.
e. Jika kelima model prisma segi lima dihimpitkan
pada salah satu sisi yang berukuran 5 cm x 20 cm, maka akan membentuk model
prisma segi lima.
f. Buat prisma segi lima dengan menggunakan fiber
yang ukurannya sesuai untuk menyatukan kelima prisma segitiga
B. Penggunaan
Alat Peraga
1)
Indikator
dan Kelas
no
|
Indikator
|
kelas
|
1
|
Peserta didik dapat menemukan rumus prisma segi lima
|
5
|
2) Prasyarat yang Harus dimiliki Peserta didik
a. Mengenal satuan isi
Jadi siswa sudah
harus mengerti apa itu volume
b. Mengenal volum prisma segi tiga
Sebelumnya siswa telah
diajar tentang prisma segi tiga dan memahami rumus volumenya.
3)
Langkah-langkah Penggunaan
a. Himpitkan kelima model prisma segi tiga sehingga
menjadi model prisma segi lima seperti pada gambar
b. Tunjukan kepada peserta didik sambul bertanya
“bangun apakah ini?” (prisma segi lima) “mana alasnya?” (peserta didik meraba
dan menunjukan) “bentuk apakah alasnya?” (daerah segi lima)
c. Model prisma segi lima di pecah menjadi lima model
prisma segi tiga. Tanyakan pada peserta didik, perhatikan prisma segi lima yang
kita pecah, “berapa prisma segi tiga yang dihasilkan?” (lima) “apakah
masing-masing prisma segitiga memiliki volum yang sama? mengapa?” (ya, kaerna
kelima prisma segitiga memiliki bentuk dan ukuran yang sama) “jadi volume
prisma segi lima ada berapa volum prisma segi tiga?” (lima)
d. Guru menulis di papan tulis dan mendorong peserta
didik untuk dapat menemukan rumus volume prisma segi lima.
Volum prisma segi
lima = 5 x volum prisma segi tiga
Volum prisma segi
lima = 5 x ( luas daerah segi tiga x tinggi)
Volum prisma segi
lima = (5 x luas daerah segi tiga) x
tinggi
Volum prisma segi
lima = (5 x ½ a x t) x T
Tidak ada komentar:
Posting Komentar