Liana Arum Purwitasari

tanpa tanda jasa
SELAMAT DATANG DI BLOG LIANA ARUM PURWITASARI

Minggu, 29 April 2012

PERAGA VOLUM PRISMA SEGI LIMA


A.    Pembuatan Alat Peraga


Dalam pembelajaran matematika mengenai volum prisma segi lima, bila guru hanga menuliskan rumusnya saja, kemudian siswa disuruh untuk mengingat dan menghafalnya dan kemudian di beri soal, maka pembelajaran mungkin akan sulit di terima oleh siswa, maka guru perlu menggunakan media atau alat peraga untuk dapat menanamkan konsep agar lebih jelas dan kongkrit. Berikut akan dijelaskan bagaimana membuat alat peraga berupa bangun prisma segi lima secara sederhana.

1.      Bahan-bahan
a.       Fiber
b.      Gardus
c.       Kertas warna
d.      Isolasi transparan lebar 1,2 cm secukupnya

2.      Alat Kerja
a.       Pensil
b.      Penggaris
c.       Spidol warna hitam
d.      Cutter/pisau
e.       Setrika

3.      Langkah-langkah Pembuatan

a.       Buat sepuluh model persegi panjang berukuran 5 cm x 20 cm, lima buah model persegi panjang berukuran 5,8 cm x 20 cm, sepuluh model segi tiga dengan ukuran 5 cm, 5 cm, 5,8 cm dari fiber.
b.      Potong persegi panjang dan segi tiga tersebut dengan menggunakan gunting.
c.       Ratakan potongan persegi panjang tadi dengan menggunakan setrika bertutupkan kertas BC.
d.      Bentuk menjadi lima buah prisma segi tiga dengan bantuan isolasi transparan.
e.       Jika kelima model prisma segi lima dihimpitkan pada salah satu sisi yang berukuran 5 cm x 20 cm, maka akan membentuk model prisma segi lima.
f.       Buat prisma segi lima dengan menggunakan fiber yang ukurannya sesuai untuk menyatukan kelima prisma segitiga


B.     Penggunaan Alat Peraga

1)       Indikator dan Kelas

no
Indikator
kelas
1
Peserta didik dapat menemukan rumus prisma segi lima
5


2)       Prasyarat yang Harus dimiliki Peserta didik
a.       Mengenal satuan isi
Jadi siswa sudah harus mengerti apa itu volume
b.      Mengenal volum prisma segi tiga
Sebelumnya siswa telah diajar tentang prisma segi tiga dan memahami rumus volumenya.

3)      Langkah-langkah Penggunaan
a.       Himpitkan kelima model prisma segi tiga sehingga menjadi model prisma segi lima seperti pada gambar
b.      Tunjukan kepada peserta didik sambul bertanya “bangun apakah ini?” (prisma segi lima) “mana alasnya?” (peserta didik meraba dan menunjukan) “bentuk apakah alasnya?” (daerah segi lima)
c.       Model prisma segi lima di pecah menjadi lima model prisma segi tiga. Tanyakan pada peserta didik, perhatikan prisma segi lima yang kita pecah, “berapa prisma segi tiga yang dihasilkan?” (lima) “apakah masing-masing prisma segitiga memiliki volum yang sama? mengapa?” (ya, kaerna kelima prisma segitiga memiliki bentuk dan ukuran yang sama) “jadi volume prisma segi lima ada berapa volum prisma segi tiga?” (lima)
d.      Guru menulis di papan tulis dan mendorong peserta didik untuk dapat menemukan rumus volume prisma segi lima.
Volum prisma segi lima = 5 x volum prisma segi tiga
Volum prisma segi lima = 5 x ( luas daerah segi tiga x tinggi)
Volum prisma segi lima = (5 x  luas daerah segi tiga) x tinggi
Volum prisma segi lima = (5 x ½ a x t) x T

Tidak ada komentar:

Posting Komentar