Liana Arum Purwitasari

tanpa tanda jasa
SELAMAT DATANG DI BLOG LIANA ARUM PURWITASARI

Minggu, 29 April 2012

ALAT PERAGA LUAS DAERAH BELAH KETUPAT DENGAN PENDEKATAN LUAS SEGITIGA


A.    Pengertian Alat Peraga
Alat peraga adalah suatu alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga dengan tujuan untuk membantu guru agar proses belajar mengajar siswa lebih efektif dan efisien. Alat peraga mempunyai peranan yang penting dalam kegiatan belajar mengajar. Karena alat peraga merupakan alat bantu untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif, sehingga siswa mudah untuk memahami materi yang diberikan oleh gurunya.
Berikut kriteria yang harus diperhatikan dalam pemilihan alat peraga untuk pembelajaran terutama jika melihat karakteristik KBK, yaitu mencakup:
1.           kesesuaian alat pengajaran yang dipilih dengan materi pengajaran atau jenis kegiatan yang akan  dilakukan oleh siswa
2.           kemudahan dalam memperoleh alatnya dan kemudian dalam perancangannya
3.           kemudahan dalam penggunaannya
4.           terjamin keamanan dalam penggunaannya
5.           kemampuan dana
6.           kemudahan dalam penyimpanan, pemeliharaan dan sebagainya.

Pemakaian alat peraga dapat merangsang anak dan memberikan kesan yang mendalam dalam mengajar. Panca indra dan kesanggupan anak perlu dirangsang, digunakan, dan dilibatkan, sehingga seorang anak tidak hanya mengetahui melainkan dapat memakai dan melakukan apa yang sedang dipelajari.
Berikut tujuan dibuatnya alat peraga, yaitu :
1.         memperkenalkan, membentuk, meperkaya, serta memperjelas
2.         mengembangkan sikap yang dikehendaki
3.         mendorong kegiatan siswa lebih lanjut.

B.     Model Alat Peraga Belah Ketupat
Belah ketupat dari duah buah segitiga samakaki yang dihimpitkan anatara sisi-sisi alasnya sehingga terbentuk belah ketupat.
C.    Pembuatan Alat Peraga Luas Daerah Belah Ketupat dengan Pendekatan Luas Daerah Segitiga
Dalam membuat alat peraga Luas derah belah ketupat dengan pendekatan luas daerah segitiga, dibutuhkan alat dan bahan yaitu ;
1.      Alat :
·         Gunting
·         Cutter
·         Pensil
·         Penggaris

2.      Bahan :
·         Stopmap mika warna biru dan merah
·         Kreketan
·         Kain flanel
·         Lem kastol
·         Stereofoame

3.      Kelengkapan :
·         Papan yang terbuat dari karton tebal
·         Tempat menyimpan berupa file case atau sejenisnya.

4.      Langkah-langkah pembuatan alat peraga luas daerah belah ketupat dengan pendekatan luas daerah segitiga :
·         Siapkan stopmap mika warna biru dan merah
·         Gambar dua buah pola belah ketupat pada stopmap tersebut.
·         Potong/gunting stopmap menurut pola yang sudah di digambar belah ketupat.
·         Ambil satu buah belah ketupat lalu di diberi garis yang ditarik dari atas kebawah, lalu digunting sehingga menjadi duah buah segitiga yang kongruen.

5.      Pengepakkan:

Untuk keperluan pengepakkan dan pemeliharaan, buat halaman cover yang memuat nama alat peraga ALAT PERAGA LUAS DAERAH BELAH KETUPAT DENGAN LUAS DAERAH SEGITIGA kemudian tempelkan pada file case. Masukan alat peraga ke dalam file case.


D.    Penggunaan Alat Peraga Luas Daerah Belah Ketupat dengan Luas Daerah Segitiga

1.      Indikator dan Kelas
No.
Indikator
Kelas
1.
Peserta didik dapat menemukan rumus luas daerah belah ketupat dengan pendekatan luas daerah segitiga.
5

2.      Prasayarat yang harus dimiliki
Ø  Memahami konsep luas daerah segitiga.

3.      Langkah – langkah penggunaan
·             Letakkan pada papan model daerah belah ketupat (i) dan (ii)
·             Himpitkan model belah ketupat (i) dan (ii), tunjukkan ke peserta didik bahwa ketua bangun tersebut kongruen. Kemudian tanyakan kepada peserta didik “Apakah Luas daerahnya sama?” (sama).
·             Tunjukkan bangun (i) bahwa belah ketupat ini panjang diagonal datarnya “p”, dan panjang diagonal tegaknya “q”. Sambil menunjuk bangun (ii), tanyakan kepada peserta didik, “Berapakah panjang diagonal datarnya?” (p), “Berapakah panjang diagonal tegaknya?” (q).
·             Ubah bangun (ii) menjadi dua belah model daerah segitiga. Kemudian tanyakan kepada peserta didik, “Bangun belah ketupat ini terbagi menjadi berapa daerah segitiga?” (dua), “Apakah kedua daerah segitiga tersebut luas daerahnya sama?” (salah satu peserta didik untuk menghimpitnya kemudian menjawab iya).
·             Peserta diminta untuk mengamati salah satu model segitiga, kemudian guru bertanya “Berapakah alasnya?”(p). “Berapakah tingginya?” ( q), “Berapakah luasnya?” (x p x q). Dengan demikian “Luas daerah belah ketuapat berapa kali luas segitiga?” (dua) selanjutnya peserta didik untuk melanjutkan dan menemukan rumus luas daerah belah ketupat dengan cara sebagai berikut:
luas daerah belah ketupat = 2 x luas daerah .....
luas daerah belah ketupat = 2 x ...x ...x ....
luas daerah belah ketupat = ......
Kesimpulan :
Jika belah ketupat dengan panjang diagonal pertama p dan panjang diagonal kedua q, dan luasnya L, maka L = 1/2 x p x q

1 komentar: