A. Alat Peraga Luas Daerah
Persegi Panjang
Kata
alat peraga berasal dari bahasa latin yaitu medius yang secara harfiah berarti
perantara. Gerlac & Ely (1971) mengatakan bahwa alat peraga dipahami secara garis besar adalah manusia materi
atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh
pengetahuan, dan sikap. Pengertian alat peraga dalam proses belajar mengajar
cenderung diartikan sebagai alat-alat yang digunakan oleh pendidik dalam
menyampaikan bahan pendidikan/pengajaran. Alat peraga ini disusun berdasarkan
prinsip bahwa pengetahuan yang ada pada setiap manusia itu diterima atau
ditangkap melalui panca indera. Semakin banyak indera yang digunakan untuk
menerima sesuatu maka semakin banyak dan semakin jelas pula pengertian/pengetahuan
yang diperoleh
Alat peraga Luas Daerah Persegi Panjang
sangat penting dalam proses penyampaian informasi yang akan di sampaikan guru
kepada anak didiknya, karena para guru perlu berupaya agar anak-anak kita
bernalar kritis dan kreatif mereka dalam proses pembelajaran matematika. Untuk itu, penyusun merancang bahan belajar/alat peraga pada
materi Luas Daerah Persegi Panjang ini, dengan maksud agar siswa dapat mengerahkan
indera sebanyak mungkin kepada suatu objek sehingga mempermudah persepsi.
Sehingga peserta didik, di samping menyerap materi ajar, mampu bernalar. Dalam
prosesnya, anak didik kita akan masuk dalam wacana dengan bahasa matematika
yang tegas. Ini merupakan suatu kesempatan yang baik bagi anak-anak kita untuk
belajar berbahasa dengan pernalaran yang benar dengan pengungkapan yang tepat.
Jika para guru di kelas dan orang tua di rumah mampu menyediakan proses
pembelajaran matematika yang bermutu, maka anak-anak kita akan mampu bernalar
secara kritis, aktif, dan kreatif.
B.
Pembuatan Alat Peraga
1.
Alat, Bahan dan Kelengkapan :
a.
Cutter
b.
Gunting
c.
Penggaris
d.
Pensil
e.
Polpen
f.
Sepidol
g.
Lilin
h.
Korek api
i.
Kain flanel
j.
Kertas Bufalo
k.
Kertas Manila
l.
Kertas Karton tebal
m.
Plastik mika
n.
Lem kertas dan flanel
o.
Double tipe
p.
Sterofom
q.
Pita warna
2.
Prinsip Kerja
Prinsip Kerja alat ini adalah untuk
menentukan Rumus Luas daerah persegi panjang. Bila untuk mencari luas persegi
panjang cukup menghitung persegi satuan yang menutupi persegi panjang pada
media tersebut. Dengan cara itulah dapat mengetahui luas persegi panjang dengan
persegi satuan.
3.
Langkah-langkah Pembuatan Alat Peraga
a.
Persiapkan alat – alat dan
bahan – bahan seperti yang telah ada pada gambar di atas
b.
Ambillah sebuah kertas manila
yang ukurannya agak lebar dan buatlah ukuran : panjang 30 cm
dan Lebar 15 cm lalu potonglah dengan gunting sebanyak dua buah
c.
Setelah jadi ambil salah satu
bangun datar persegi panjang tersebut kemudian
potong – potong dengan gunting yang ukurannya masing-masing sisinya 5 cm sebanyak
18 buah. Lalu, sterofom di potong – potong dengan cutter yang ukurannya
masing-masing muka 5 cm sebanyak 18 buah untuk menjadi alas persegi pada kertas
manila kemudian tempelkan kertas manila yang telah di potong-potong
tersebut di atas masing-masing potongan sterofom
tersebut menggunakan double tipe, jadilah sebagai potongan-potongan persegi
d.
Buat alas dengan kertas bufalo
tebal kemudian di lapisi dengan kertas manila warna putih
e.
Ukur sterofom dengan panjang 30
cm dan lebar 15cm buatlah kerangka dengan bentuk persegi panjang dan tempelkan
plastik mika dengan double tipe sebagai muka pada persegi panjang. lalu tempelk
di atas alas yang telah di buat pada no 4.
C. Pengepakan
Pengepakkan alat peraga ini dapat
dimasukkan kedalam plastik besar, dengan menyertakan identitas alat peraga.
Identitas yang disertakan yaitu nama alat peraga, dan kode alat peraga kemudian
ditempelkan pada plastik tersebut.
D. Penggunaan
Alat Peraga
a.
Indikator
dan Kelas
No
|
Indikator
|
Kelas
|
1.
|
Peserta didik
dapat menemukan rumus luas daerah persegi panjang
|
4
|
b.
Prasyarat
yang harus dimiliki Peserta didik
1.
Mengenal
satuan Panjang dan satuan Luas
2.
Mengenal
Persegi Panjang dan unsure-unsurnya.
c.
Langkah-Langkah Penggunaan Alat Peraga
1.
Ambil persegi panjang besar dan
bangun datar persegi
2.
Masukan dan susun bangun datar persegi, pada bangun persegi panjang sampai
penuh dan tertutup sehingga bangun-bangun persegi tersebut akan membentuk suatu
bangun datar persegi panjang,
3.
Hitung kotak
persegi pada baris dasar yang panjang, yang dinamakan (p), untuk mengetahui jumlah pada
daerah p
4.
Hitung kotak persegi pada baris dasar yang pendek,
yang dinamakan (l), untuk mengetahui jumlah daerah l
5.
Hitung satu persatu jumlah
bangun persegi yang ada di dalam bangun persegi panjang atau (luas), hal
tersebut untuk mengetahui jumlah banyaknya bangun persegi yang ada pada bangun
persegi panjang. Membuktikan luas suatu persegi panjang terdiri dari beberapa
buah persegi satuan (p x l),
6.
Dan dengan demikian akhirnya
kita dapat mengaplikasikan kedalam rumus luas daerah persegi panjang
adalah L=p x l
luas persegi Panjang = panjang x lebar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar