Liana Arum Purwitasari

tanpa tanda jasa
SELAMAT DATANG DI BLOG LIANA ARUM PURWITASARI

Minggu, 29 April 2012

LUAS DAERAH PERSEGI PANJANG



A.    Alat Peraga Luas Daerah Persegi Panjang
   Kata alat peraga berasal dari bahasa latin yaitu medius yang secara harfiah berarti perantara. Gerlac & Ely (1971) mengatakan bahwa alat peraga  dipahami secara garis besar adalah manusia materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, dan sikap. Pengertian alat peraga dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan bahan pendidikan/pengajaran. Alat peraga ini disusun berdasarkan prinsip bahwa pengetahuan yang ada pada setiap manusia itu diterima atau ditangkap melalui panca indera. Semakin banyak indera yang digunakan untuk menerima sesuatu maka semakin banyak dan semakin jelas pula pengertian/pengetahuan yang diperoleh
Alat peraga Luas Daerah Persegi Panjang sangat penting dalam proses penyampaian informasi yang akan di sampaikan guru kepada anak didiknya, karena para guru perlu berupaya agar anak-anak kita bernalar kritis dan kreatif mereka dalam proses pembelajaran  matematika. Untuk itu, penyusun  merancang bahan belajar/alat peraga pada materi Luas Daerah Persegi Panjang ini, dengan maksud agar siswa dapat mengerahkan indera sebanyak mungkin kepada suatu objek sehingga mempermudah persepsi. Sehingga peserta didik, di samping menyerap materi ajar, mampu bernalar. Dalam prosesnya, anak didik kita akan masuk dalam wacana dengan bahasa matematika yang tegas. Ini merupakan suatu kesempatan yang baik bagi anak-anak kita untuk belajar berbahasa dengan pernalaran yang benar dengan pengungkapan yang tepat. Jika para guru di kelas dan orang tua di rumah mampu menyediakan proses pembelajaran matematika yang bermutu, maka anak-anak kita akan mampu bernalar secara kritis, aktif, dan  kreatif.

B.     Pembuatan Alat Peraga
1.      Alat, Bahan dan Kelengkapan :
a.       Cutter
b.      Gunting
c.       Penggaris
d.      Pensil
e.       Polpen
f.       Sepidol
g.      Lilin
h.      Korek api
i.        Kain flanel
j.        Kertas Bufalo
k.      Kertas Manila
l.        Kertas Karton tebal
m.    Plastik mika
n.      Lem kertas dan flanel
o.      Double tipe
p.      Sterofom
q.      Pita warna
2.      Prinsip Kerja
Prinsip Kerja alat ini adalah untuk menentukan Rumus Luas daerah persegi panjang. Bila untuk mencari luas persegi panjang cukup menghitung persegi satuan yang menutupi persegi panjang pada media tersebut. Dengan cara itulah dapat mengetahui luas persegi panjang dengan persegi satuan.
3.      Langkah-langkah Pembuatan Alat Peraga
a.       Persiapkan alat – alat dan bahan – bahan seperti yang telah ada pada gambar di atas
b.      Ambillah sebuah kertas manila yang ukurannya agak lebar dan buatlah ukuran : panjang 30 cm dan Lebar 15 cm lalu potonglah dengan gunting sebanyak dua buah
c.       Setelah jadi ambil salah satu bangun datar persegi panjang tersebut  kemudian potong – potong dengan gunting yang ukurannya masing-masing sisinya 5 cm sebanyak 18 buah. Lalu, sterofom di potong – potong dengan cutter yang ukurannya masing-masing muka 5 cm sebanyak 18 buah untuk menjadi alas persegi pada kertas manila kemudian tempelkan kertas manila yang telah di potong-potong tersebut  di atas masing-masing potongan sterofom tersebut menggunakan double tipe, jadilah sebagai potongan-potongan persegi
d.      Buat alas dengan kertas bufalo tebal kemudian di lapisi dengan kertas manila warna putih
e.       Ukur sterofom dengan panjang 30 cm dan lebar 15cm buatlah kerangka dengan bentuk persegi panjang dan tempelkan plastik mika dengan double tipe sebagai muka pada persegi panjang. lalu tempelk di atas alas yang telah di buat pada no 4.

C.    Pengepakan
            Pengepakkan alat peraga ini dapat dimasukkan kedalam plastik besar, dengan menyertakan identitas alat peraga. Identitas yang disertakan yaitu nama alat peraga, dan kode alat peraga kemudian ditempelkan pada plastik tersebut.

D.    Penggunaan Alat Peraga
a.    Indikator dan Kelas
No
Indikator
Kelas
1.
Peserta didik dapat menemukan rumus luas daerah persegi panjang
4

b.      Prasyarat yang harus dimiliki Peserta didik
1.      Mengenal satuan Panjang dan satuan Luas
2.      Mengenal Persegi Panjang dan unsure-unsurnya.

c.       Langkah-Langkah Penggunaan Alat Peraga
1.    Ambil persegi panjang besar dan bangun datar persegi
2.    Masukan dan susun bangun datar  persegi, pada bangun persegi panjang sampai penuh dan tertutup sehingga bangun-bangun persegi tersebut akan membentuk suatu bangun datar persegi panjang,
3.    Hitung  kotak  persegi pada baris dasar yang panjang, yang  dinamakan (p), untuk mengetahui jumlah pada daerah p
4.    Hitung  kotak persegi pada baris dasar yang pendek, yang dinamakan (l), untuk mengetahui jumlah daerah l
5.    Hitung satu persatu jumlah bangun persegi yang ada di dalam bangun persegi panjang atau (luas), hal tersebut untuk mengetahui jumlah banyaknya bangun persegi yang ada pada bangun persegi panjang. Membuktikan luas suatu persegi panjang terdiri dari beberapa buah persegi satuan (p x l),
6.    Dan dengan demikian akhirnya kita dapat mengaplikasikan  kedalam rumus luas daerah persegi panjang adalah L=p x l

luas persegi Panjang = panjang x lebar
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar