Liana Arum Purwitasari

tanpa tanda jasa
SELAMAT DATANG DI BLOG LIANA ARUM PURWITASARI

Minggu, 29 April 2012

ALAT PERAGA LUAS DAERAH SEGITIGA DENGAN PENDEKATAN LUAS DAERAH PERSEGI PANJANG


A.      Model Alat Peraga
Sesuai dengan Kompetensi dasar ( KD ) kelas IV ( empat ) semester 1 ( satu ) yaitu   Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga maka materi yang diajarkan yaitu mencari luas segitiga.untuk melaksanakan proses pembelajaran ini guru membuat alat peraga pembelajaran.
B.       Pembuatan Alat Peraga
              I.     Bahan
1.      Kertas BC atau Buffalo
2.      Plastik laminating
3.      Lem kertas
4.      Kertas payung warna kuning, hijau dan biru.
           II.     Alat Kerja
1.      Pensil
2.      Penggaris diutamakan penggaris besi )
3.      Gunting/ cutter
 III.            Kelengkapan
1.      Papan gabus ( sterofoam ) ukuran 120 cm x 60 cm
2.      Tempat penyimpanan berupa file case/ amplop bertali atau sejenisnya yang berukuran folio.
3.      Paku push-pin ( dimasukan kedalam plastik berperekat )
 IV.            Langkah – langkah Pembuatan
1.      Buat dengan penggaris besi dan cutter dua buah model segitiga yang kongruen seperti pada gambar 1.1 dengan menggunakan kertas buffalo.
2.      Tempelkan kertas warna megunakan lem kertas pada sah satu segitiga yang akan di potong potong sesuai bentuk bangun dengan warna yang berbeda.
3.      Potonglah model daerah segitiga pada Gb. 1.1 ( ii ) menjadi tiga bangun menurut warnaya.
4.      Masing – masing model daerah tersebut dilaminating.
    V.            Pengepakan
Untuk keperluan pengepakan dan pemeliharaan, buatlah halaman cover, memuat nama alat peraga  “ ALAT PERAGA LUAS DAERAH SEGITIGA DENGAN PENDEKATAN LUAS DAERAH PERSEGI PANJANG “   kemudian tempelkan pada tempat penyimpanan yang dapat memuat alat peraga tersebut. Masukan alat peraga dan paku push – pin kedalam tempat penyimpanan tersebut.

C.      Penggunaan Alat Peraga
A.  Indikator dan kelas
No
Indikator
Kelas
 Peserta didik dapat menemukan rumus luas daerah segitiga dengan pendekatan luas daerah persegi panjang
4

B.     Persyaratan yang Harus Dimiliki peserta Didik
1.      Memahami konsep luas daerah persegi panjang.
2.      Memahami unsur – unsur bangun segitiga.
C.     Langkah – langkah penggunaan
1.      Letakan pada papan gabus model daerah segitiga ( i ) dan ( ii ) seperti pada gambar 1.2
2.      Dengan cara menghimpitkan model segitiga ( i ) dan ( ii ),ditunjukan bahwa kedua bangun tersebut kongruen, kemudian tanyakan kepada peserta didik, “ apakah luas daerahnya sama? “( sama )
3.      Sambil menunjuk oada bangun ( i ) bahwa segitiga ini alasnya a, tingginya t kemudian sambil menunjuk bangun ( ii ), tanyakan kepada peserta didik, “ Berapa alasnya? “ ( a ). “ berapakah tingginya? “ ( t ) . Perhatikan bahwa bangun ini dipotong melalui tengah - tengah garis tiggi dan sejajar alas ( guru menunjuk ½  tinggi yang dipotong kemudian tanyakan  kepada peserta didik , “ Berapa panjang ini ? “     ( ½ t )
4.      Ubahlah bangun pada ( ii ) menjadi bangun pada ( iii ), kemudian tanyakan kepada peserta didik  “ Bangun apakah yang terjadi ? “
( daerah persegi panjang ), “ Berapakah panjangnya ?” ( a ) , “ Berapakah lebarnya? “ ( ½ t ) edan “ Berapakah luas daerahnya? “      ( a x  ½ t ), sambil menunjuk bangun ( i ) dan ( iii ) tanyakan kepada peserta didik , “ Apakah kedua bangun luas daerahnya sama? “ (sama) sehingga:
Luas daerah segitiga = luas daerah persegi panjang
Luas daerah segitiga = panjang x lebar
Luas daerah segitiga =  ... x ...
Luas daerah segitiga =  ... x ... x ...
            Simpulan
            Jika segitiga dengan alas dan tingginya berturut – turut a dan t , dan
luas daerahnya L maka L = ½ x a x t

4 komentar:

  1. IJin copas kak, buat tugas makasih kak sangat bermanfaat :D
    kak kok gambarnya ga ada ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo.. sama-sama. maaf baru on jadi baru bales. gambar hak cipta hihi ^_^

      Hapus