A. Model Alat Peraga
Sesuai dengan Kompetensi dasar ( KD ) kelas IV ( empat ) semester 1 ( satu ) yaitu Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan
segitiga maka materi yang diajarkan yaitu mencari luas segitiga.untuk melaksanakan
proses pembelajaran ini guru membuat alat peraga pembelajaran.
B. Pembuatan Alat Peraga
I. Bahan
1.
Kertas BC
atau Buffalo
2.
Plastik
laminating
3.
Lem kertas
4.
Kertas payung
warna kuning, hijau dan biru.
II. Alat Kerja
1.
Pensil
2.
Penggaris
diutamakan penggaris besi )
3.
Gunting/ cutter
III.
Kelengkapan
1.
Papan gabus (
sterofoam ) ukuran 120 cm x 60 cm
2.
Tempat
penyimpanan berupa file case/ amplop bertali atau sejenisnya yang berukuran
folio.
3.
Paku push-pin
( dimasukan kedalam plastik berperekat )
IV.
Langkah –
langkah Pembuatan
1.
Buat dengan penggaris
besi dan cutter dua buah model segitiga yang kongruen seperti pada gambar 1.1
dengan menggunakan kertas buffalo.
2.
Tempelkan
kertas warna megunakan lem kertas pada sah satu segitiga yang akan di potong
potong sesuai bentuk bangun dengan warna yang berbeda.
3.
Potonglah
model daerah segitiga pada Gb. 1.1 ( ii ) menjadi tiga bangun menurut warnaya.
4.
Masing –
masing model daerah tersebut dilaminating.
V.
Pengepakan
Untuk keperluan pengepakan
dan pemeliharaan, buatlah halaman cover, memuat nama alat peraga “ ALAT PERAGA LUAS DAERAH SEGITIGA DENGAN
PENDEKATAN LUAS DAERAH PERSEGI PANJANG “
kemudian tempelkan pada tempat
penyimpanan yang dapat memuat alat peraga tersebut. Masukan alat peraga dan
paku push – pin kedalam tempat penyimpanan tersebut.
C. Penggunaan Alat Peraga
A. Indikator dan kelas
No
|
Indikator
|
Kelas
|
Peserta didik dapat menemukan rumus luas daerah segitiga
dengan pendekatan luas daerah persegi panjang
|
4
|
B. Persyaratan
yang Harus Dimiliki peserta Didik
1. Memahami
konsep luas daerah persegi panjang.
2. Memahami
unsur – unsur bangun segitiga.
C. Langkah
– langkah penggunaan
1. Letakan
pada papan gabus model daerah segitiga ( i ) dan ( ii ) seperti pada gambar 1.2
2. Dengan
cara menghimpitkan model segitiga ( i ) dan ( ii ),ditunjukan bahwa kedua
bangun tersebut kongruen, kemudian tanyakan kepada peserta didik, “ apakah luas
daerahnya sama? “( sama )
3. Sambil
menunjuk oada bangun ( i ) bahwa segitiga ini alasnya a, tingginya t kemudian
sambil menunjuk bangun ( ii ), tanyakan kepada peserta didik, “ Berapa alasnya?
“ ( a ). “ berapakah tingginya? “ ( t ) . Perhatikan bahwa bangun ini
dipotong melalui tengah - tengah garis tiggi dan sejajar alas ( guru menunjuk ½ tinggi yang dipotong kemudian tanyakan kepada peserta didik , “ Berapa panjang ini ?
“ ( ½ t )
4. Ubahlah
bangun pada ( ii ) menjadi bangun pada ( iii ), kemudian tanyakan kepada
peserta didik “ Bangun apakah yang
terjadi ? “
( daerah persegi panjang ), “ Berapakah panjangnya
?” ( a ) , “ Berapakah lebarnya? “ (
½ t ) edan “ Berapakah luas daerahnya? “
( a x ½ t ), sambil menunjuk bangun ( i ) dan ( iii
) tanyakan kepada peserta didik , “ Apakah kedua bangun luas daerahnya sama? “
(sama) sehingga:
Luas
daerah segitiga = luas daerah persegi panjang
Luas
daerah segitiga = panjang x lebar
Luas
daerah segitiga = ... x ...
Luas
daerah segitiga = ... x ... x ...
Simpulan
Jika segitiga
dengan alas dan tingginya berturut – turut a
dan t , dan
luas daerahnya L maka L = ½ x a x t
numpang sedot sist
BalasHapusmonggoo ^_^
HapusIJin copas kak, buat tugas makasih kak sangat bermanfaat :D
BalasHapuskak kok gambarnya ga ada ?
monggo.. sama-sama. maaf baru on jadi baru bales. gambar hak cipta hihi ^_^
Hapus