Liana Arum Purwitasari

tanpa tanda jasa
SELAMAT DATANG DI BLOG LIANA ARUM PURWITASARI

Minggu, 29 April 2012

ALAT PERAGA JUMLAH SUDUT SEGITIGA


Alat peraga merupakan alat bantu alat-alat yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan bahan pendidikan/pengajaran. Alat peraga ini disusun berdasarkan prinsip bahwa pengetahuan yang ada pada setiap manusia itu diterima atau ditangkap melalui panca indera. Semakin banyak indera yang digunakan untuk menerima sesuatu maka semakin banyak dan semakin jelas pula pengertian/pengetahuan yang diperoleh. Dengan perkataan lain, alat peraga ini dimaksudkan untuk mengerahkan indera sebanyak mungkin kepada suatu objek sehingga mempermudah persepsi.
Seseorang atau masyarakat didalam proses pendidikan dapat memperoleh pengalaman/pengetahuan melalui berbagai macam alat bantu pendidikan. Tetapi masing-masing alat mempunyai intensitas yang berbeda-beda dalam membantu persepsi seseorang. Elgar Dale membagi alat peraga tersebut menjadi 11 macam dan sekaligus menggambarkan tingkat intensitas tiap-tiap alat tersebut dalam suatu kerucut.
Segitiga atau segi tiga adalah nama suatu bentuk yang dibuat dari tiga sisi yang berupa garis lurus dan tiga sudut. Matematikawan Euclid yang hidup sekitar tahun 300 SM menemukan bahwa jumlah ketiga sudut di suatu segi tiga adalah 180 derajat. Hal ini memungkinkan kita menghitung besarnya salah satu sudut bila dua sudut lainnya sudah diketahui.
Menurut panjang sisinya:
  • Segitiga sama sisi adalah segitiga yang ketiga sisinya sama panjang. Sebagai akibatnya semua sudutnya juga sama besar, yaitu 60o.
  • Segitiga sama kaki adalah segitiga yang dua dari tiga sisinya sama panjang. Segitiga ini memiliki dua sudut yang sama besar.
  • Segitiga sembarang adalah segitiga yang ketiga sisinya berbeda panjangnya. Besar semua sudutnya juga berbeda.
Menurut besar sudut terbesarnya:
  • Segitiga siku-siku adalah segitiga yang salah satu besar sudutnya sama dengan 90o. Sisi di depan sudut 90o disebut hipotenusa atau sisi miring.
  • Segitiga lancip adalah segitiga yang besar semua sudut < 90o
  • Segitiga tumpul adalah segitiga yang besar salah satu sudutnya > 90o
A.    Pembuatan Alat Peraga
1.      Alat, Bahan, dan Kelengkapan
a.       Sterofoam
b.      Kertas karton tebal
c.       Kertas warna
d.      Pensil
e.       Spidol
f.       Gunting
g.      Cutter
h.      Double tape
i.        Paku push-pin
j.        Penggaris
2.      Langkah-langkah pembuatan
a.       Siapkan semua alat, bahan, dan kelengkapan pembuatan alat peraga jumlah sudut segitiga
b.      Buatlah pola segitiga utuh pada kertas karton tebal, dan kertas warna dengan ukuran yang sama
c.       Potonglah pola segitiga tersebut, kemudian satuan pola pada kertas karton dan kertas warna menggunakan double tape
d.      Selain membuat pola segitiga utuh di kertas karton dan kertas warna, buatlah pola segitiga yang memiliki ukuran yang sama namun segitiga tersebut dipotong menjadi tiga bagian sehingga masing-masing sudut terpisah
e.       Potonglah pola tersebut, kemudian satukan pola pada kertas karton dan kertas warna menggunakan double tape
f.       Berilah nama pada masing-masing sudut
g.      Letakkan segitiga tersebut pada sterofoam menggunakan paku push-pin
3.      Pengepakkan
Pengepakkan alat peraga ini dapat dimasukkan kedalam plastik besar, dengan menyertakan identitas alat peraga. Identitas yang disertakan yaitu nama alat peraga, dan kode alat peraga kemudian ditempelkan pada plastik tersebut.

B.     Penggunaa Alat Peraga
1.      Penerapan alat peraga di sekolah dasar
No
Kelas
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1
3
4.   Memahami unsur dan sifat bangun datar
4.1  Mengidentifikasi berbagai bangun datar
2
5
2.      Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
2.2  Melakukan pengukuran sudut

2.      Prasyarat yang harus dimiliki peserta didik
a.       Mengenal besar sudut lurus 1800
b.      Mengenal konsep segitiga
3.      Langkah-langkah penggunaan
1.      Letakkan segitiga utuh pada kolom gambar utuh
2.      Letakkan segitiga yang terpisah pada kolom segitiga terpisah
3.      Guru menyuruh beberapa siswa maju ke depan kelas untuk menyusun sudut yang terpisah menjadi satu kesatuan dan membentuk garis lurus atau 1800
4.      Siswa dapat menyimpulkan bahwa:

Jumlah besar semua sudut segitiga = 1800
 

  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar