BEKAL APRESIASI SASTRA
PENGERTIAN APRESIASI
Istilah apresiasi berasal dari bahasa Latin apreciatio yang berarti ‘mengindahkan’ atau ‘menghargai’.
PENGERTIAN SASTRA
Sastra berasal dari bahasa sansekerta yaitu kata sas dan tra. Sas berarti mengarahkan,mengajar,memberi petunjuk atau intruksi. Dan tra berarti alat atau sarana.
Jadi sastra berati kumpulan alat untuk mengajar, buku petunjuk atau pengajaran yang baik.
PENGERTIAN APRESIASI SASTRA
Apresiasi sastra dapat diartikan sebagai penghargaan, penilaian, dan pengertian terhadap karya sastra, baik yang berupa prosa fiksi, drama, maupun puisi (Dola, 2007).
Belajar apresiasi sastra pada hakikatnya adalah belajar tentang hidup dan kehidupan.
ASPEK-ASPEK YANG HARUS ADA DALAM SASTRA
keindahan
kejujuran
Kebenaran
JENIS-JENIS SASTRA
Puisi
Prosa
Drama
Faktor yang mengakibatkan pengajaran sastra di sekolah-sekolah kurang mengarah pada segi apresiatif
Faktor sarana buku pelajaran sastra,
Faktor guru,
Faktor sarana ,
Faktor media,
Tujuan Pengajaran Sastra
a. Pengetahuan Tentang Sastra
• pengetahuan teori sastra
• Kritik sastra
• Sejarah sastra
b. Pengalaman Bersastra
Kegiatan berapresiasi atau reseptip dan berekspresi atau produktif
CIRI SASTRA YANG BAIK
Norma Estetika
mampu menghidupkan atau memperbarui pengetahuan pembaca,
Norma Sastra
mampu membangkitkan aspirasi pembaca
Norma Moral
mampu memperlihatkan peristiwa kebudayaan, sosial, keagamaan, atau politik masa lalu dalam kaitannya dengan peristiwa masa kini dan masa datang
UNSUR INTI APRESIASI SASTRA
Aspek kognitif berkaitan dengan keterlibatan intelek pembaca dalam upaya memahami unsur-unsur kesastraan yang bersifat objektif.
Aspek emotif berkaitan dengan keterlibatan unsur emosi pembaca dalam upaya menghayati unsur-unsur keindahan dalam teks sastra yang dibaca.
Aspek evaluatif berhubungan dengan kegiatan memberikan penilaian terhadap baik-buruk, indah tidak indah, sesuai-tidak sesuai serta sejumlah ragam penilaian lain yang tidak harus hadir dalam sebuah karya kritik, tetapi secara personal cukup dimiliki oleh pembaca.
TINGKAT APRESIASI
Tingkat penikmatan
Tingkat penghargaan
Tingkat pemahaman
Tingkat peningkatan
Tingkat implikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar