Liana Arum Purwitasari

tanpa tanda jasa
SELAMAT DATANG DI BLOG LIANA ARUM PURWITASARI

Senin, 23 Januari 2012

BEKAL APRESIASI SASTRA


BEKAL APRESIASI SASTRA
PENGERTIAN APRESIASI
Istilah apresiasi berasal dari bahasa Latin apreciatio yang berarti ‘mengindahkan’ atau ‘menghargai’.

PENGERTIAN SASTRA
Sastra berasal dari bahasa sansekerta yaitu kata sas dan tra. Sas berarti mengarahkan,mengajar,memberi petunjuk atau intruksi. Dan tra berarti alat atau sarana.
Jadi sastra berati kumpulan alat untuk mengajar, buku petunjuk atau pengajaran yang baik.

PENGERTIAN APRESIASI SASTRA
Apresiasi sastra dapat diartikan sebagai penghargaan, penilaian, dan pengertian terhadap karya sastra, baik yang berupa prosa fiksi,  drama, maupun puisi (Dola, 2007).
Belajar apresiasi sastra pada hakikatnya adalah belajar tentang hidup dan kehidupan.

ASPEK-ASPEK YANG HARUS ADA DALAM SASTRA
  keindahan
   kejujuran
  Kebenaran

JENIS-JENIS SASTRA
  Puisi
  Prosa
  Drama

Faktor yang mengakibatkan pengajaran sastra di sekolah-sekolah kurang mengarah pada segi apresiatif
  Faktor sarana buku pelajaran sastra,
  Faktor guru,
  Faktor sarana ,
  Faktor media,

Tujuan Pengajaran Sastra
a.      Pengetahuan Tentang         Sastra
       pengetahuan teori sastra
       Kritik sastra
       Sejarah sastra
b.  Pengalaman Bersastra
                Kegiatan berapresiasi atau reseptip dan berekspresi atau produktif

CIRI SASTRA YANG BAIK
  Norma Estetika
                mampu menghidupkan atau memperbarui pengetahuan pembaca,
  Norma Sastra
                mampu membangkitkan aspirasi pembaca
   Norma Moral
                mampu memperlihatkan peristiwa kebudayaan, sosial, keagamaan, atau politik masa lalu dalam kaitannya dengan peristiwa masa kini dan masa datang

UNSUR INTI APRESIASI SASTRA
  Aspek kognitif berkaitan dengan keterlibatan intelek pembaca dalam upaya memahami unsur-unsur kesastraan yang bersifat objektif. 
  Aspek emotif berkaitan dengan keterlibatan unsur emosi pembaca dalam upaya menghayati unsur-unsur keindahan dalam teks sastra yang dibaca.
  Aspek evaluatif berhubungan dengan kegiatan memberikan penilaian terhadap baik-buruk, indah tidak indah, sesuai-tidak sesuai serta sejumlah ragam penilaian lain yang tidak harus hadir dalam sebuah karya kritik, tetapi secara personal cukup dimiliki oleh pembaca.

TINGKAT APRESIASI
  Tingkat penikmatan
  Tingkat penghargaan
  Tingkat pemahaman
  Tingkat peningkatan
  Tingkat implikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar