Liana Arum Purwitasari

tanpa tanda jasa
SELAMAT DATANG DI BLOG LIANA ARUM PURWITASARI

Kamis, 12 Januari 2012

penyusunan rpp


   Pengertian RPP
         Rancangan  pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar yang akan direalisasikan di dalam kelas dan merupakan penjabaran lebih rinci dari silabus (penjabaran  skenario pembelajaran, wujud media, wujud alat penilaian yang sudah siap digunakan)

   Yang penting pada RPP
1.    Apa yang akan dibelajarkan?
2.    Bagaimana cara membelajarkannya?
3.    Dengan apa dibelajarkan (media dan materi)?
4.    Bagaimana cara memenuhi target pencapaian  hasil belajarnya?

   LANDASAN HUKUM
   PP 19 Tahun 2005 Pasal 20:
   Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”.
   Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
   “RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai

CURAH PENDAPAT(5’)
l  Peserta menyampaikan prinsip-prinsip apa saja yang harus diperhatikan pada penyusunan RPP

PRINSIP PENYUSUNAN RPP
n  Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
q  RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
n  Mendorong partisipasi aktif peserta didik
q  Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.
n  Mengembangkan budaya membaca dan menulis
q  proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
n  Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
q  RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
n  Keterkaitan dan keterpaduan
q  RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengako­modasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
n  Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
q  RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

   KOMPONEN RPP
         Identitas
         Standar Kompetensi
         Kompetensi Dasar
         Indikator
         Tujuan Pembelajaran
         Materi Pokok
         Langkah-langkah pembelajaran
         Media/sumber/bahan
         Penilaian
        Lampiran-lampiran
         Lembar kerja
         Media/bahan/sumber
         Uraian Materi
         Instrumen tes
         ….......

   Penjelasan tiap komponen RPP
         Identitas
        Satuan pendidikan
        Matapelajaran
        Kelas/semester
        Jumlah pertemuan
         Standar Kompetensi
        merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran.

         Kompetensi Dasar
        adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator dalam suatu pelajaran.
         Indikator
        adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

   Penjelasan tiap komponen RPP
         Materi Pokok
        memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
         Langkah-langkah pembelajaran
        Pendahuluan
         Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
        Inti
         Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik.
        Penutup
         Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau simpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindaklanjut.



·         Media/sumber/bahan
        Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
·         Penilaian
      Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian.


LANGKAH PENYUSUNAN RPP
1.      Mencantumkan Identitas RPP
        Terdiri dari: Nama madrasah, Mata Pelajaran, Kelas, Semester, dan Alokasi Waktu.
        Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar, dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan (contoh: 2 x 40 menit). Karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam  satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada  kompetensi dasarnya.
2.      Menuliskan Standar Kompetensi
l  Standar kompetensi dikutip dari silabus
3.      Menuliskan Kompetensi Dasar
l  Kompetensi dasar dikutip dari silabus
4.      Menuliskan Indikator
    • Indikator dikutip dari silabus.
Indikator merupakan:
    • ciri perilaku (bukti terukur) yang dapat memberikan gambaran bahwa peserta didik telah mencapai kompetensi dasar
    • penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
    • dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, dan  potensi daerah.
    • rumusannya menggunakan kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.
    • digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
5.      Materi Pokok
    • Materi pembelajaran  adalah  materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan indikator. Materi dikutip dari materi pokok yang ada dalam silabus. Materi pokok tersebut kemudian dikembangkan menjadi beberapa uraian materi. Untuk memudahkan penetapan uraian materi dapat diacu dari indikator.
6.      Mengembangkan langkah pembelajaran
l  Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.



   Kegiatan Pendahuluan
         Orientasi: memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan dibelajarkan, dengan cara menunjukkan benda yang menarik, memberikan illustrasi, membaca berita di surat kabar, menampilkan slide animasi dan sebagainya.
         Apersepsi: memberikan persepsi awal kepada peserta didik tentang materi yang akan diajarkan.
         Motivasi: Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari materi, bidang-bidang pekerjaan berkaitan dengan materi yang dipelajari, dsb.
         Pemberian Acuan: biasanya berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari. Acuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar.
         Pembagian kelompok belajar dan penjelasan mekanisme pelak­sana­an pengalaman belajar (sesuai dengan rencana langkah-langkah pembelajaran).
   Kegiatan Inti
·      Berisi langkah-langkah sistematis yang dilalui peserta didik untuk dapat mengkonstruksi ilmu sesuai dengan skemata (frame work) masing-masing. Langkah-langkah tersebut disusun sedemikian rupa agar peserta didik dapat menunjukkan perubahan perilaku sebagaimana dituangkan pada tujuan pembelajaran dan indikator.
·      Untuk memudahkan, biasanya kegiatan inti dilengkapi dengan Lembaran Kerja Siswa (LKS), baik yang berjenis cetak atau noncetak.
   Kegiatan penutup
o   Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan.
o   Guru memeriksa hasil belajar peserta didik. Dapat dengan memberikan tes tertulis atau tes lisan atau meminta peserta didik untuk mengulang kembali simpulan yang telah disusun.
o   Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan di luar kelas, di rumah atau tugas sebagai bagian remidi­/pengayaan.
   Contoh:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
    Nama Madrasah   : MI Ingin Maju
    Matapelajaran                   : Matematika
    Kelas/Semester       : IV / 1
    Alokasi Waktu                   : 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi
    Memahami sifat bangun ruang sederhana dan  hubungan antar bangun datar
B. Kompetensi Dasar
    Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana serta menggambarnya

   Mengembangkan Indikator
n  Setiap peserta memilih Indikator dari silabus yang sudah disusun pada TOT 1B yang sesuai dengan pemilihan SK dan KD yang sudah ditentukan.
n  Pemilihan indikator disesuaikan dengan waktu yang digunakan untuk praktek mengajar.
B. Kompetensi Dasar
n  Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana serta menggambarnya
C. Indikator
n  menyebutkan sifat-sifat bangun ruang balok
n  menyebutkan sifat-sifat bangun ruang kubus
n  menggambar bangun ruang balok sesuai sifat-sifat bangun balok
n  menggambar bangun ruang kubus sesuai sifat-sifat bangun kubus

MENGEMBANGKAN MATERI POKOK
  • Setiap peserta mengembangkan materi pokok(materi pembelajaran) yang ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
Dari materi pokok yang ada peserta mengembangkan uraian materi. Untuk memudahkan penetapan uraian materi dapat diacu dari indikator

   Contoh pengembangan materi pokok
C. Indikator
        menyebutkan sifat-sifat bangun ruang balok
        menyebutkan sifat-sifat bangun ruang kubus
        menggambar bangun ruang balok sesuai sifat-sifat bangun balok
        menggambar bangun ruang kubus sesuai sifat-sifat bangun kubus
D. Materi Pokok
        Sifat bangun kubus dan balok
        Unsur-unsur pada bangun kubus dan balok
        Menggambar kubus dan balok

   Menyusun Langkah Pembelajaran
·      Setiap peserta menyusun langkah pembelajaran untuk kegiatan awal, inti dan penutup
·      Langkah pembelajaran disusun dalam rangka PAKEM
·      Format langkah pembelajaran berbentuk matrik yang berisi waktu, langkah pembelajaran, metode dan bahan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar