Liana Arum Purwitasari

tanpa tanda jasa
SELAMAT DATANG DI BLOG LIANA ARUM PURWITASARI

Jumat, 20 Januari 2012

Evaluasi Dalam Pendidikan Islam


q  Evaluasi Pendidikan
    Adalah suatu penaksiran terhadap kemajuan, pertumbuhan, dan perkembangan peserta didik untuk tujuan pendidikan.
¨  Evaluasi Pendidikan  Islam
    Adalah kegiatan untuk menentukan taraf kemajuan suatu aktivitas di dalam pendidikan islam.

¨  B. TUJUAN & FUNGSI EVALUASI PENDIDIKAN
¨  Tujuan Evaluasi
Ø  Mengetahui kadar pemahaman peserta didik  terhadap materi pelajaran
Ø  Melatih keberanian & mengajak peserta didik untuk mengingat kembali materi yg telah diberikan
Ø  Mengetahui tingkat perubahan perilaku peserta didik
Ø  Mengetahui siapa peserta didik yg cerdas dan lemah, shgga yg lemah diberikan perhatian khusus agar dpt mengejar kekurangannya.

¨  Fungsi Evaluasi
Ø  Membantu peserta didik agar ia dapat mengubah atau mengembangkan tingkah lakunya secara sadar, serta memberi bantuan cara meraih suatu kepuasan bila berbuat sebagaimana mestinya
Ø  Membantu pendidik mempertimbangkan adequate metode pengajaran serta membantu dan memperimbangkan administrasinya.
¨  Sasaran – sasaran Evaluasi Pendidikan Islam
melihat 4 kesamampuan peserta didik, yaitu:
  1. Sikap & pengalaman trhdp hubungan pribadinya dgn Tuhannya
  2. Sikap & pengalaman trhdp arti hubungan dirinya dgn masyarakat
  3. Sikap & pengalaman trhdap arti kehidupanya dgn alam sekitarnya
  4. Sikap & pandanganya trhdap diri sendiri selaku hamba Alloh, masyarakat, serta selaku khalifah-Nya dimuka bumi.
¨  Ciri – ciri khusus evaluasi pendidikan modern
  1. Lebih mementingkan hasil belajar fungsional daripada pengertian, skill, & kesanggupan.
  2. Lebih menitikberatkan pada pengukuran trhdap pemahaman&interpretasi dan tidak lagi terhadap informasi yg terpisah-pisah, skill maupun kesanggupan
  3. Makin banyak menggunakan tes-tes informal sbagai pelengkap tes-tes formal
  4. Mengembangkan analisis unsur-unsur kesanggupan mental
  5. Berbagai teknik dikembangkan untuk mengukur peranan individu maupun kelompok dlm rangka mendalami dinamika kelompok
6.       Tes-tes kepribadian makin dikembangkan

¨  C. PRINSIP –PRINSIP EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM
a)      Prinsip Kesinambungan ( Kontinuitas )
b)      Prinsip Menyeluruh ( Komprehensif )
c)       Prinsip Objektivitas

¨  D. SISTEM EVALUASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM
  1. Untuk menguji daya kemampuan manusia beriman terhdap berbagai macam problem kehidupan yg dialami
  2. Untuk mengetahui sejauh mana hasil pendidikan wahyu yg telah diaplikasikan oleh Rasulullah SAW kpada umatnya
  3. Untuk menentukan klasifikasi/tingkat hidup keislaman atau keimanan seseorang, sperti pengevaluasian Alloh trhadap Nabi Ibrahim yg menyembelih Ismail putra yg dicintainya
  4. Untuk mengukur daya kognisi,hafalan manusia dari pelajaran yg telah diberikan kpadanya
  5. Memberikan semacam tabsyir(berita gembira) bagi yg beraktivitas baik, & memberikan semacam iqab(siksa) bagi mereka yg berakivitas buruk.

¨  E. CARA PELAKSANAAN EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM
  1. Evaluasi terhadap diri sendiri
  2. Evaluasi terhadap kegiatan orang lain

¨  F. JENIS – JENIS EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM
  1. Evaluasi Formatif
  2. Evaluasi Sumatif
  3. Evaluasi Penempatan ( placement )
  4. Evaluasi Diagnosis

¨  G. SYARAT – SYARAT EVALUASI PENDIDIKAN
¨  Validity
¨  Reliable
¨  Efisiensi

¨  H. SIFAT, MACAM, & TEKHNIK EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM
q  Sifat – sifat Evaluasi Pendidikan :
                1. Kuantitatif
                                 (dalam bentuk angka)
                2. Kualitatif
                                 (dalam bentuk pernyataan verbal)
¨  Macam – macam Evaluasi dalam pendidikan Islam :
                1. Tes Tertulis (write test)
                2. Tes Lisan (oral test)
                3. Tes Perbuatan (performance test)
¨  Tekhnik dalam evaluasi pendidikan Islam :
                1. Tekhnik Tes
                                a. Uraian
                                b. Objektif test
                                c. Bentuk tes lain (ikhtisar,laporan)
                2. Tekhnik Nontes
                                a. Observasi terkontrol
                                b. wawancara (interview)
                                c. Ratting scale
                                d. Intervotary
                                e. Questionnaire
                                f. Anecdotal accounts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar