Mengapa Pembelajaran dapat menyenangkan ?
nMenarik
nMudah
nAda kesesuaian
nMenantang
nBerkesan
Landasan Psikologis
nPiaget : Tahap perkembangan siswa usia sekolah dasar masih berada pada tahap operasional konkrit.
nPrinsip MotivasinPrinsip Latar atau Konteks
nPrinsip Hubungan sosial atau sosialisasi
nPrinsip Belajar sambil bekerja
nPrinsip perbedan perorangan atau individualistis
nPrinsip menemukan
LKS adalah Media pembelajaran yang berisi sejumlah tugas, atau pertanyaan yang mendorong siswa untuk melakukan sesuatu/aktivitas tertentu dalam proses belajar mengajar.
Manfaat
ØMengubah guru sentris menjadi siswa sentris
ØMembantu guru mengarahkan siswanya untuk dapat menemukan konsep-konsep melalui aktivitas sendiri atau kelompok
ØMengembangkan keterampilan proses
ØMengembangkan sikap ilmiah
ØMengembangkan PAKEM
Syarat Pembuatan
nSyarat Didaktik
vMemperhatikan adanya perbedaan individual
vTekanan pada proses untuk menemukan konsep-konsep
vMemiliki variasi stimulus melalui berbagai media dan kegiatan siswa
vDapat mengembangkan kemampuan komunikasi sosial, emosional, moral dan estetika
nSyarat Konstruksi
vMencantumkanidentitas : Kelas, Mata pelajaran, topik, kelompok
vMencantumkan tujuan/manfaat
vBahasa dan kalimat sesuai dengan tingkat kedewasaan anak, jelas, sederhana dan pendek
vMenggunakan banyak ilustrasi daripada kata-kata
vAda keleluasaan pada lembar kerja untuk menulis dan menggambar
nSyarat Teknis
vTulisan ; Huruf cetak, huruf tebal untuk topik, max 10 kata dalam 1 baris, menggunakan bingkai untuk jawaban siswa
vGambar ; dapat menyampaikan pesan/isi dari gambar tersebut secara efektif
vPenampilan ; Kombinasi antara gambar dan kata-kata yang harmoni
Setting
qRuang Kelas
qLaboratorium
qLingkungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar