Liana Arum Purwitasari

tanpa tanda jasa
SELAMAT DATANG DI BLOG LIANA ARUM PURWITASARI

Kamis, 12 Januari 2012

OPTIMALISASI PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA/LKS DALAM PEMBELAJARAN IPA


Mengapa Pembelajaran dapat menyenangkan ?
nMenarik
nMudah
nAda kesesuaian
nMenantang
nBerkesan
 
Landasan Psikologis 
nPiaget : Tahap perkembangan siswa usia sekolah dasar masih berada pada tahap operasional konkrit. 
nPrinsip MotivasinPrinsip Latar atau Konteks 
nPrinsip Hubungan sosial atau sosialisasi
 nPrinsip Belajar sambil bekerja 
nPrinsip perbedan perorangan atau individualistis 
nPrinsip menemukan
 
 LKS adalah Media pembelajaran yang berisi sejumlah tugas, atau pertanyaan yang mendorong siswa untuk melakukan sesuatu/aktivitas tertentu dalam proses belajar mengajar.
 
 Manfaat
ØMengubah guru sentris menjadi siswa sentris
ØMembantu guru mengarahkan siswanya untuk dapat menemukan konsep-konsep melalui aktivitas sendiri atau kelompok
ØMengembangkan keterampilan proses
ØMengembangkan sikap ilmiah
ØMengembangkan PAKEM
 
Syarat Pembuatan 
nSyarat Didaktik
vMemperhatikan adanya perbedaan individual
vTekanan pada proses untuk menemukan konsep-konsep
vMemiliki variasi stimulus melalui berbagai media dan kegiatan siswa
vDapat mengembangkan kemampuan komunikasi sosial, emosional, moral dan estetika
 
 nSyarat Konstruksi
vMencantumkanidentitas : Kelas, Mata pelajaran, topik, kelompok 
vMencantumkan tujuan/manfaat
vBahasa dan kalimat sesuai dengan tingkat kedewasaan anak, jelas, sederhana dan pendek
vMenggunakan banyak ilustrasi daripada kata-kata
vAda keleluasaan pada lembar kerja untuk menulis dan menggambar
 
 
nSyarat Teknis
vTulisan ; Huruf cetak, huruf tebal untuk topik, max 10 kata dalam 1 baris, menggunakan bingkai untuk jawaban siswa
vGambar ; dapat menyampaikan pesan/isi dari gambar tersebut secara efektif
vPenampilan ; Kombinasi antara gambar dan kata-kata yang harmoni
 
 
Setting
qRuang Kelas
qLaboratorium
qLingkungan
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar