Liana Arum Purwitasari

tanpa tanda jasa
SELAMAT DATANG DI BLOG LIANA ARUM PURWITASARI

Minggu, 15 Januari 2012

Pemilihan dan Penggunaan Metode Pembelajaran


Pemilihan dan Penggunaan Metode Pembelajaran
Kedudukan Metode dalam Belajar Mengajar
 A). Metode sebagai alat motivasi intrinsik
                Motivasi ekstrinsik menurut Sardiman. A.M (1988;90) adalah motif – motif yang aktif dan berfungsinya, karena adanya perangsang dari luar. Karena itu, metode berfungsi sebagai alat perangsang dari luar yang dapat membangkitkan belajar seseorang.
B). Metode sebagai strategi pengajaran
                Factor intelegensi mempengaruhi daya serap anak didik terhadap bahan pelajaran yang diberikan oleh guru.
C). Metode sebagai alat untuk mencapai tujuan
                Antara metode dan tujuan jangan bertolak belakang. Artinya, metode harus menunjang pencapaian tujuan pengajaran. Bila tidak, maka akn sia – sialah tujuan tersebut.


Pemilihan dan Penentuan Metode
  A). Nilai Strategis Metode
                Guru sebaiknya memperhatikan dalam pemilihan dan penentuan metode sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di kelas.
  B). Efektivitas penggunaan metode
                Efektivitas penggunaan metode dapat terjadi bila ada kesesuaian antara metode dengan semua komponen pengajaran yang telah diprogramkan dalam suatu pelajaran, sebagai persiapan tertulis.
  C). Pentingnya pemilihan dan penentuan metode
                Guru sebagai salah satu sumber belajar berkewajiban menyediakan lingkungan belajar yang kreativ bagi kegiatan belajar anak didik di kelas. Salah satu kegiatan yang harus guru lakukan adalah melakukan pemulihan dan penetuan metode yang bagaimana yang akan dipilih untuk mencapai tujuan pengajaran.
  D). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan metode

  Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan metode
  1. Anak didik
  2.Tujuan
  3. Situasi
  4. Fasilitas
  5. Guru

  Macam-macam Metode Mengajar
  1. metode proyek
  2. metode eksperimen
  3.metode tugas dan resitasi
  4. metode diskusi
  5. metode sosiodrama
  6. metode demonstrasi
  7. metode problem solving
  8. metode karya wisata
  9. metode tanya jawab
  10. metode latihan
  11.metode ceramah

1. Metode Proyek
Metode Proyek atau unit adalah cara penyajian pengajaran yang bertitik tolak dari suatu masalah, kemudian dibahas dari berbagai segi yang berhubungan sehingga pemecahannya secara keseluruhan bermakna.

2. Metode Eksperimen
                Adalah cara penyajian pelajaran dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari



  3. Metode Tugas dan Resitasi
Metode resitasi adalah suatu metode mengajar dimana siswa diharuskan membuat resume dengan kalimat sendiri.

4. Metode Diskusi
  Muhibbin Syah ( 2000 ), mendefinisikan bahwa metode diskusi adalah metode mengajar yang sangat erat hubungannya dengan memecahkan masalah (problem solving). Metode ini lazim juga disebut sebagai diskusi kelompok (group discussion) dan resitasi bersama ( socialized recitation ).
  Metode diskusi diaplikasikan dalam proses belajar mengajar untuk :

a. Mendorong siswa berpikir kritis.
b. Mendorong siswa mengekspresikan pendapatnya secara bebas.
c. Mendorong siswa menyumbangkan buah pikirnya untuk memcahkan masalah bersama.
d. Mengambil satu alternatif jawaban atau beberapa alternatif jawaban untuk memecahkan masalah berdsarkan pertimbangan yang seksama

5. Metode Sosiodrama
  Pada dasarnya sosiodrama mendramatisasikan tingkah laku dalam hubungannya dengan malah sosial.
  Tujuan :
  1. Agar siswa dapat menghayati dan menghargai perasaan orang lain.
  2. Dapat belajar bagaimana membagi tanggungjawab
  3. Dapat belajar bagaimana mengambil keputusan dalam situasi kelompok secara spontan
  4. Merangsang kelas untuk berfikir dan memecahkan masalah

6. Metode Demonstrasi
Adalah cara penyajian pelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik sebenarnya maupun tiruan yang sering disertai dengan penjelasan lisan.



7. Metode Problem Solving
  Merupakan metode berpikir, karena dapat menggunakan metode lain yang dimulai dengan mencari data sampai pada menarik kesimpulan
  Pada intinya metode problem solving adalah metode yang digunakan untuk mencari atau menemukan penyelesaian suatu permasalahan

8. Metode Karya Wisata
Merupakan cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tenmpat atau objek tertentu diluar sekolah untuk mempelajari atau menyelidiki sesuatu.

9. Metode Tanya Jawab
Merupakan cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi dapat pula dari siswa kepada guru

10. Metode Latihan
Merupakan cara mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasaan tertentu atau untuk memelihara kebiasaan yang baik.
                Metode ini juga digunakan untuk memperoleh ketangkasan, ketepatan, kesempatan, dan ketrampilan

11. Metode Ceramah
Adalah alat komunikasi lisan antara guru dengan anak didik dalam proses belajar mengajar.
                Dapat dipahami bahwa metode ceramah adalah cara penyajian pelajaran yang dilakukan guru dengan penuturan atau penjelasan lisan secara langsung terhadap siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar