Pengukuran : kegiatan untuk memberi angka-angka kepada suatu peristiwa atau benda
Evaluasi: kegiatan untuk memperoleh, mengolah, menganalisis, menafsirkan data dan proses hasil belajar secara berkesinambungan, komprehensif sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam mengambil keputusan.
Tes: seperangkat pertanyaan yang harus di jawab oleh peserta tes dengan baik dan benar.
a. Test : dijawab dengan baik dan benar
b. Non test: dijawab jujur (angket,wawancara)
Proses pendidikan
input transformasi output
umpan balik
input : bahan mentah
output : hasil
transformasi: proses terjadinya interaksi siswa dan guru dalam satuan pendidikan
#faktor pendidikan :
1. Tujuan pendidikan, di SD = tercapainya tahap2 perkembangannya
2. Pendidik
3. Peserta didik
4. Sarana dan prasarana
Tujuan pendidikan
Merujuk pada taksonomi yang dibuat untuk tujuan pendidikan. Taksonomi ini disusun oleh Benjamin S. bloom pada tahun1956. Dalam hal ini tujuan dibagi menjadi beberapa domain:
1. Cognitive domain : kemampuan intelektual
2. Affective domain : kemampuan emosi dan minat, karakter
3. Psychomotor domain: kemampuan ketrampilan motorik halus dan kasar. Motorik halus : menulis. Motorik kasar: menirukan, menendang
Ranah kognitif
1. Pengetahuan : kemampuan untuk mengingat/ menghafal dan memahami suatu kebenaran yang ada/ fakta dengan berdasarkan teori/ prinsip yang ada melalui proses yang berkesinambungan sehingga membentuk pola yang tersruktur, runtut.
2. Pemahaman : suatu kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengikuti/ menerima pelajaran kemudian setelah itu siswa dapat mengulang, mengingat, menjelaskan kembali materi/ ilmu yang didapat dan menerapkannya dengan bahasa sendiri
3. Penerapan : kemampuan menggunakan teori2, prinsip2, rumus2 dari abstrak ke situasi yang konkrit.
4. Analisis : kemampuan menguraikan, mengidentifikasi keseluruhan/ system yang berhubungan
5. Sintesis : kemampuan memadukan, menyatukan bagian2 secara logis menjadi suatu peta struktur yang merujuk keseluruhan
6. Evaluasi : kemampuan mempertimbangkan sesuatu ide, nilai2 metode berdasarkan criteria
Ranah afektif
1. Penerimaan : kemampuan menerima materi yang diberikan guru kepada siswa. Contoh: siswa dalam mengikuti pelajaran tidak rebut sendiri, sehingga guu dapat menyampaikan materi dan diterima siswa
2. Respon : kemampuan melibatkan diri dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dengan cara berpendapat dan memberi pendapat
3. Penghargaan/ penilaian: kemampuan member nilai terhadap stimulus, informasi/ respon/ materi yng diberikan
4. Pengorganisasian/ mengelola : kemampuan mengorganisasikan stimulus, materi, informasi yang disampaikan oleh guru.
5. Karakterisasi/ menghayati : kemampuan mengintegrasikan dan menetapkan nilai menjadi suatu bagian yang terpadu sehingga membentuk suatu karakter
Ranah psikomotor
1. Menirukan : kemampuan menirukan tindakan apa yang ditirukan guru
2. Memanipulasi : kemampuan menambahkan dan memilih tindakan yang diberikan oleh guru
3. Artikulasi : kemampuan melakukan tindakan secara alami
Fungsi, tujuan, prinsip
Tujuan :
1. Tingkat keberhasilan siswa
2. Efektivitas penggunaan metode dan media
3. Untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa
4. Memberikan laporan
Fungsi :
1. Menetapkan kelulusan/ keberhasilan
2. Perbaikan proses belajar mengajar
3. Melakukan diagnotis dan remedial
4. Motivasi siswa
5. Kepentingan administrasi
Prinsip:
1. Objektif (adil)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar